from my PoV..

here lies some thoughts from a girl newmom called ecchan. if you want to know more about her, you may visit here, or there. she also have another blog written in English at LiveJournal. want to have friend and changing link with her? just visit this page.

and i write a lot in Indonesian because i’m Indonesian😀
last? have a nice read😀


Sincerely,
Tu2t Widhi aka Ecchan

Serba Serbi Virgin Coconut Oil

Ada yang tahu apa itu VCO?

Perkenalanku dengan VCO itu kira-kira bertahun-tahun yang lalu, sekitar usia 15-16 tahun deh. Saat itu booming banget yang namanya VCO, untuk menjaga kesehatan tubuh. Berhubung diriku memiliki alergi dengan segudang diet, dan alm. Papa juga ada masalah dengan darah tinggi, maka kita mencobanya.

Ngomong-ngomong, apa sih VCO itu? VCO adalah Virgin Coconut Oil, atau minyak kelapa murni, yang diproses secara alamiah sehingga tidak merusak komponen alami dari lemak-lemak yang baik. VCO ini punya segudang manfaat lho, karena ia memiliki berbagai macam jenis asam lemak rantai menengah (Medium Chain Fat Acid – MCFA) yang tinggi.

VCO berbeda dengan minyak kelapa biasa, bukan minyak kelapa sawit lho ya. Itu buat menggoreng, tidak untuk diminum😛 minyak kelapa biasa (yang digunakan untuk menggoreng) mengandung jenis asam lemak rantai panjang. Sedangkan VCO jenis asam lemaknya rantai sedang/menengah. Hal ini membuat manfaatnya lebih-lebih ketimbang minyak kelapa biasa.

Jenis asam lemak rantai menengah yang dimiliki VCO ini berkhasiat bagi tubuh. Salah satu asam lemaknya adalah asam laurat. Fungsinya adalah sebagai zat anti bakteri dan anti oksidan. Dengan fungsi tersebut, maka asam lemak ini efektif digunakan sebagai obat penyembuhan berbagai penyakit, yang disebabkan oleh bakteri dan kuman.

Kira-kira apa sih manfaat si VCO ini?

Mengkonsumsi VCO itu ibaratnya memasok tubuh dengan pejuang kuman alami yang dapat memperkuat system kekebalan tubuh. Ia dapat mengobati wasir, asam urat, rematik, maag, diare, sembelit, sakit gigi, infeksi pencernaan, infeksi saluran kencing dan lain-lain.

VCO juga dapat digunakan sebagi terapi untuk penderita diabetes tipe 2, hingga HIV/AIDS dan kanker. Selain itu VCO juga bermanfaat bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Pernah dengar orang lama bilang ke ibu hamil “biar lancar persalinannya, minum minyak mulai dari bulan ke-8”? nah, itu minum VCO lho, bukan sembarang minyak yang diminum. Walaupun nantinya bakalan normal atau sesar ya, Wallahuallam ya. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa. Selebihnya itu atas ijin Allah SWT.

Ecchan sih mengkonsumsi VCO dengan dua cara: meminumnya tiap pagi/sebelum tidur dan mengoleskan pada kulit.

Meminum 1sdm VCO tiap pagi/sebelum tidur itu berguna untuk menjaga stamina. Kadang juga chan pakai kumur untuk menjaga kesehatan gigi. Kumur 1sdm vco selama 15 detik dan telan. Setelah itu sih biasanya nggak sikat gigi😄 tapi kalo merasa giginya kotor sih, tunggu sekitar 15 menit setelah kumur, lalu gosok gigi. Enaknya kumur pakai VCO itu tidak takut kalau terminum. Karena selesai kumur, VCOnya ditelan aja😀 Fungsi kumur dengan VCO ini antara lain dapat menghilangkan plak/karang gigi.

Kalau mengoleskan VCO biasanya rutin buat wajah dan tangan. Jadi setelah cuci muka, oles-oles VCO sekitar 4tetes ke area wajah dan leher. Sisanya yang ditangan bisa berfungsi sebagai krim tangan. Terkadang chan juga mengoleskannya ke daerah tubuh yang kering seperti kaki dan bibir. Lumayan lho, tumit pecah-pecah itu bisa kembali halus.

Yang rutin mengkonsumsi VCO itu anakku. Begitu dia lihat botolnya, langsung diambil trus ambil sendok dan minta tuangin ke sendok untuk diminum😄 Bagusnya VCO buat balita adalah sebagai immune booster. Salah satu teman saya yang memiliki anak dengan penanganan khusus, seperti alergi, memberikan VCO 1sdt tiap hari.

Jadi manfaat VCO itu baaaannnnyyyaaaak banget. Yang paling penting adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, dan kulit.

Beberapa dari kalian yang membaca pasti memiliki pertanyaan dan mulai skeptis:

  • Ah masa sih bisa nyembuhin penyakit-penyakit tersebut?
  • Itu hanya minyak. Apalagi aku sudah gemuk gini, kelebihan minyak. Masa harus ditambahin minyak lagi? bikin kolesterol aja.

Well, untuk jawaban pertanyaan yang pertama, VCO adalah suplemen, bukan obat. Kalau kamu berfikiran bahwa mengkonsumsi VCO adalah solusi untuk menyembuhkan penyakit A, B atau C, ya salah total. Jika ingin menyembuhkan penyakit, segeralah ke dokter dan mintalah obat ke beliau. Setelah sembuh, silahkan menjaga kesehatan tubuh dengan pola makan yang baik, olah raga teratur dan minum suplemen yang berguna bagi tubuh seperti VCO.

Dan untuk pertanyaan yang kedua, VCO ini tidak menambah beban lemak dalam tubuhmu. Hanya 1-2sdm per hari kok. Dan lemak yang terkandung dalam VCO itu lemak baik, bukan lemak jenuh. Bahkan lemak dalam VCO dapat membantu mengatur kadar kolesterol. Asyik bukan?

Jadi, buatku memiliki VCO adalah wajib. Terlebih diriku membatasi konsumsi daging. Lalu, dimana bisa mendapatkan VCO? Dimana-mana ada. Di apotik, ada. Di toko online juga bannnyaaaak! Diriku sih belinya di Instagram, usernya @batrisyiaku.

Yuk jaga kesehatanmu sebelum terlambat. Karena sakit itu MAHAL!

~tu2twidhi, 16082016~

[Thrilling Thursday] Ada siapa?

just when i think what should i write.. suddenly i hear a sound..

A sound of a swing..

Ya.. suara ayunan yang sangat keras terdengar hingga kamarku. Padahal jarak antara ayunan dan jungkat jungkit yang bisa menimbulkan suara khas gesekan besi “ngiiikk ngooookkk ngiiiikk ngooookkk” dengan kamarku itu sekitar 30-50 meter.

Bersamaan dengan itu, anakku rewel dan menunjuk keluar, arah suara tersebut. Seriously, Who the hell is going to play see saw and swing at 9 pm?

Ini mengingatkanku pada kejadian beberapa tahun yang lalu, sekitar 5 tahun yang lalu kalau nggak salah. Saat itu aku barusan pindah ke kosan. Nah, kebetulan depan kamarku adalah tambak. Jadi buka pintu lumayan asyik lah ya. Semua tampak indah ketika pagi datang, namun mulai berubah 180° ketika malam menjelang. Ketika matahari tenggelam, suasananya benar-benar mencekam.

Suatu malam, aku mendengar jendelaku diketuk-ketuk. Awalnya sekedar ketukan, lama-lama semakin intens. Perlahan-lahan diriku mendekat ke jendela, lalu suara tersebut menghilang. Tapi tiba-tiba pintuku diketuk-ketuk. Jantungku berdegup kencang dan dalam hatiku berkata “Ya Allah, semoga tidak ada apa2. Semoga bukan pencuri atau penculik ataupun orang jahat, ya Allah.” Lalu aku memberanikan diri mengintip keluar melalui celah bawah pintu. 

Dan tidak terlihat bayangan ataupun bentuk kaki di luar pintu. Namun ketukan itu tetap ada.

Nafasku tercekat! Mungkin aku bisa pingsan jika tiba-tiba muncul mata diantara celah-celah bawah pintu tersebut. Perlahan aku mundur dan berdiri. Aku menarik kasurku yang menempel dengan dinding luar menjauh. “Aku tidak mau mendengar ketukan itu lagi”.

Sejak saat itu, aku tidak mau menaruh kasur menempel dengan dinding luar. Terlebih saat ini, dimana anakku merupakan anak yang cukup jeli inderanya.

~tu2twidhi, 14 July 2016~


sementara libur..

Padahal niatnya 1 day 1 post kan? Eh kok malah dari hari sabtu ampe selasa (4 hari) gak posting? Kecapekan, seus. Maafkeun yah hahaha.. tapi dirapel aja jadi 1 disini ketimbang bikin 4 postingan hauhauahauhaua… 

9 july – anjangsana berujung bete-

Aslinya gak ada niatan untuk anjangsana unjungsini.. tapi gara2 iseng ke tempat pak bojo, pas mau pulang lha kok disuruh ke mertua. Aq bilang lagi gk sreg atiku. Mendingan besok ato kapan. Eh, malah disewotin. Ya udah. Berangkatlah ke rumah ibuk. Dan beneran, bete luar biasa karena ada aja sindiran2 yang.. hah! Ini maksudnya lebaran ato apaan sih? Mau minta maaf kok ya jadi males -tolong jangan ditiru- ya emang itu jeleknya aq. Kalo udh kejentok, mau moment lebaranpun bodo amat! Lebih baik nenangin diri dulu, baru lain kali kalo kesana maaf-maafan. Lagian, apa gunanya minta maaf ketika hati sedang dongkol? Malah gak ikhlas kan percuma.

10 july – my baby is 2 years old!

Akhirnya.. anakku menginjak usia 2 tahun usia yang sangat tricky sehingga ada istilah Trouble Two. Usia rentan tantrum karena si anak sedang eksplorasi perasaan sedangkan ia belum bisa menyampaikannya. Sebagai ortu harus peka ama kode2 si anak.

11 july – late celebration

Dikarenakan emaknya malas masak pas anaknya ultah, akhirnya baru dimasakin nasi kuning keesokan harinya. Bad mommy, bad mommy xD

Eh, malemnya pak bojo pulang membawa sepeda yang sudah ku rikues selama berbulan-bulan. Alhamdulillah!

12 july – nggowes terus

Bangun tidur, anaknya lihat sesuatu yg baru di rumah. Ada sepeda! Dengan dudukan buat dia! Akhirnya, pagi nggowes, sorepun nggowes haha. Malemnya paha njarem to the max! Hahahhaa! 


Oke deh.. besok waktunya thrilling Thursday. Kira-kira cerita yang mana ya yang perlu diceritakan? Hmmm…

~tu2twidhi, 13 July 2016~

Maaf, Tolong dan Terima Kasih


Sebagai orang tua, saya jelas menginginkan yang terbaik buat anak. Salah satunya adalah sikap atau attitude yang baik. Nggak usah muluk-muluk, saya ingin anak saya tahu cara berterima kasih, meminta maaf ketika salah, dan meminta tolong ketika membutuhkan bantuan. Karena kata tolong, maaf dan terima kasih saat ini sangat langka.

Kemarin ketika saya makan di sebuah pujasera, saya melihat ada seorang anak main segway, atau hover board ya? Soalnya kalo segway kan ada pegangannya. Ini yang semacam skate board gitu. Tanpa sengaja, si anak menabrak kaki kursi, dimana ada seorang wanita paruh baya duduk disana. Wanita tersebut hampir terjatuh dari kursi, begitupun si anak kehilangan keseimbangannya dari segway. Si anak hampir jatuh dan diselamatkan oleh ibunya. Lalu apakah yang kemudian si anak lakukan?

A. Pergi begitu saja tanpa meminta maaf.

B. Meminta maaf kepada wanita yang ditabraknya.

kira-kira yang mana?

Kalau kalian menjawab yang b, maaf, kalian salah. Karena jawabannya a. Ia pergi begitu saja tanpa meminta maaf. Parahnya lagi, si ibu juga merasa tidak bersalah dan tidak menegur anaknya. Ironisnya lagi, si anak sudah masuk pada kategori remaja, dimana seharusnya ia mengerti bahwa ia salah dan harus meminta maaf.

Hal ini disaksikan oleh saya dan pak bojo, dan beberapa orang lainnya yang sedang makan. Saya tergelitik bertanya kepada pak bojo, karena tiba2 saja dia berhenti makan dan terdiam, sembari menatap si anak dan ibu berlalu tanpa merasa bersalah.

“kamu kenapa? Sebal ya? Soalnya anak itu nggak minta maaf?”

“Iya. Padahal ada ibunya lho. Itu sampe nabrak kamu dan gak minta maaf, aku goblok2in ibunya krn gak bisa mendidik anak dengan baik. Masak nggak bisa mendidik anak untuk berkata maaf ketika ia salah?” dengan nada geram dan sengaja suaranya dibanterin biar si korban mendengar. Dan wanita tersebut mendengarnya.

“iya pak. Saya juga heran. Padahal anaknya udah besar. Iya kalo masih anak2 usia tk ato sd kelas 3. Ini keliatan banget usia smp mau ke sma”, ujar wanita tersebut.

“lalu, ibu diam saja? Tidak menegurnya?” tanya pak bojo.

“Biarin lah, mas. Kita sabar aja,” ujar anak si wanita tersebut.

Saya langsung menimpali “mbak, bu.. kalau memang salah, sudah sewajarnya kita menegur. Kenapa? Karena itu contoh yang tidak baik dan dilihat oleh anak kita. Dan ketika ibu diam saja, cucu ibu akan berfikir kalau nantinya ia tertindas, ia akan diam saja. Alasannya adalah sabar, seperti yang mbak ucapkan tadi. Sedangkan anak yang berbuat salah akan beranggapan bahwa apa yg ia lakukan itu tidak berakibat buruk kok. Tidak akan ada yang mengambil pelajaran disini. Seterusnya akan salah.”

Dan merekapun terdiam.

Memang untuk mengajarkan esensi dari kata “tolong”, “maaf” dan “terima kasih” itu harus dimulai sedini mungkin. Terutama kata “maaf”. Karena dari kecil itulah, ketika mereka belum kenal ego maupun gengsi, hal tersebut harus ditanamkan sebaik mungkin. Semakin besar si anak, akan semakin sulit mengajarkan nilai2 sikap yang baik.

Kalau kita sebal terhadap orang lain yang berbuat salah namun tidak mau minta maaf, saatnya berkaca pada diri sendiri dan bertanya “apakah kamu berani meminta maaf ketika berbuat salah?”. Semua berawal dari hal kecil, yaitu diri sendiri. Lalu sebarkan kepada lingkungan kita. Karena sikap positif itu menular.

Yuk budayakan berkata “terima kasih”, “tolong” ketika membutuhkan bantuan, dan “maaf” ketika berbuat salah. Dan satu lagi, tolong jangan menjadi seseorang yang cuek dengan lingkunganmu. Karena seseorang pasti membutuhkan bantuanmu , walaupun hanya sebatas memberikan tempat duduk.

~tu2twidhi, 8 July 2016~

[Thrilling Thursday] bayangan diri

Beberapa hari yang lalu, chan ketemu lagi dengan teman yang sering berhadapan di luar nalar.

Dia: “Dulu, ya di bulan puasa gini, aq mengalami hal yang, haduh, amit2 deh gak mau lagi kedapetan hal seperti itu.

Jadi pas waktunya pulang,aq gak segera pulang karena mau ke toilet. Aq dulu kerja di gudang, mbak. Nah, pas balik dari toilet, aq merasa aneh.

Yang namanya bayangan itu kan, kalo arah lampu di belakang bayangannya di depan kan? Nah.. lampu itu diatas kepala. Bayangan seharusnya di bawah kan? Tau gak, bayangannya ada tepat disampingku!  

Kupikir, ah itu bayangan karena lampu dari samping. Eh tapi, tunggu! Kenapa aq jalan, bayangannya tetap mengikuti di samping juga?

Saat itu aq langsung lari nggak pake mau noleh2 lagi. Udah deh.. cukup!”
Me: “padahal, itu masih di gudang kantor. Belum di rumahmu”


Dia: “hah! Jangan dikata kalo di rumah.”

Me: “untung kamu gak diketawain ama bayangannya. Beberapa tahun lalu aq mengalami hal yg tak berbeda dengan kamu, mas. Bedanya bayangannya ngetawain aku pas aku noleh ke itu bayangan”

Dia: “haduuuu… kalo aq jadi mbak, idah pingsan kali ya..”

Me: “ya mboh, mas. Haha”

Dia: “mbak bisa ketawa, kalo aq wes pucet duluan..”

~tu2twidhi, 7 July 2016~