yang mereka butuhkan hanyalah uang, untuk menyambung hidup..

tadi siang, tu2t sempat berdebat dengan kedua orang tuaku.. saat itu kita sedang menonton liputan 6, eh, lebih tepatnya buser ding😛 tentang tawuran antar sopir angkot di depok..

16/03/2008 13:06 Tabir Kejahatan
Berebut Rezeki Berujung Tawuran

Liputan6.com, Depok: Pertengahan Maret silam, ratusan supir angkutan kota di pertigaan Pitara Pancoran Mas Depok, Jawa Barat, memilih tak menarik penumpang. Mereka mogok. Para pengemudi juga memblokir jalan. Tanpa pandang bulu, mereka menghadang angkot lain yang melintas di jalur yang sama dan memaksa penumpang turun. Ratusan penumpang terlantar.

artikel lengkapnya bisa dilihat disini

dan terjadilah percakapan dibawah ini..

pa: tampilan video sepanjang ini, jelas jadi sasaran empuk buat media luar negeri.. mereka akan bilang kalau Indonesia tak aman.. pemberitaan seperti ini tidak baik
ma: makanya.. stasiun TV harusnya lebih selektif.. mereka dapet duit dengan menjualnya kan??
pa: iya.. stasiun TV dapet duit.. mereka enak dapet duit.. tapi mengumpankan negaranya sendiri..
ma: jadi nggak salah dulu pak Harto mensensor berbagai berita.. toh nama Indonesia di mata dunia tetep baik..

tu2t semakin gerah dengernya.. secara, tu2t ituh kuliah Jurnalistik.. so pasti tahu dong tentang seluk beluknya..

me: tapi kalau disensor terus, sampai kapan masyarakat Indonesia akan pintar?? mana tahu kita kalau ternyata ada yang kelaparan di Makasar??
ma: tapi pemberitaan seperti ini, kan nggak bener.. coba tut kamu pikir.. masa di jurnalistik diajarin seperti itu??
me: yang pasti, media memiliki tanggung jawab moral yang sangat besar, yaitu mendidik masyarakatnya..
ma: tapi mana ada pendidikannya??

Basically, information that given by mass media is a realization from the functions that the institution had. There are three functions:

a) Information / To Inform
The information on the media related with event or phenomenon, new invention in science, technology and social life. So the function of information is to make the public know about something.

b) Education / To Educate
Basically, the second function is related with the first one. The education function make the information that gives to the public could be use as their basic science for someone. Either it could be used in knowledge or as a guide for living.

c) Entertainment / To Entertain
Mass media provide entertainment that could entertain their public. The entertainment could be in music, story, soft news or feature that happens around us.

Dennis McQuaill, Mass Communication Theory an Introduction, Sage Publications, California, 1983

ada.. setiap pemberitaan selalu ada pendidikannya.. dan itu semua kembali lagi ke kita.. kembali lagi ke masing2 orang yang menontonnya.. karena tiap orang memiliki persepsi yang berbeda.. masalahnya itu di kita.. di masyarakat Indonesia sendiri.. termasuk kita..

pemberitaan di media itu membeberkan sejumlah fakta.. kalaupun dilebih2kan, atau di kurangi.. itu urusan mereka, bukan dengan yang berwajib.. melainkan urusan mereka dengan Tuhan YME.. karena jurnalis bukanlah pekerjaan biasa.. melainkan pekerjaan yang berawal dari panggilan hati.. tanggung jawab moralnya sangat tinggi.. bukan hanya urusan perut yang diurusi..

kalaupun dengan adanya pemberitaan tersebut membawa dampak negatif ke masyarakat, misalnya semua sopir angkot di Indonesia jadi berantem gara2 panas liat temen2nya dipukuli, brarti mereka tidak bisa berfikir jernih dong?? masyarakat kita tidak bisa berfikir jernih dong?? iya.. masyarakat kita masih belum bisa berfikir dengan jernih.. masyarakat kita masih belum bisa mengambil manfaat atau hikmah dari setiap pemberitaan yang ada.. kenapa?? karena masih banyak masyarakat Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan..

apa yang mereka butuhkan??
yang mereka butuhkan adalah bagaimana caranya agar dapat menghasilkan uang, agar dapat bertahan hidup.. agar dapat memberikan makan kepada keluarganya.. intinya mereka tidak butuh informasi.. mereka hanya butuh uang dan hiburan.. hidup ini susah.. mereka tidak ingin tambah susah dengan dijejali pemberitaan yang bagi mereka tidak penting.. mereka hanya butuh uang.. dan hiburan.. uang dan panggung dangdut.. that’s all..

menyedihkan?? memang.. tapi itulah kenyataannya..
dan media memberitakan hal tersebut kepada khalayak agar kejadian serupa tidak terulang kembali di masa yang akan datang.. agar peristiwa tersebut menjadi sebuah pelajaran bagi semua orang yang menonton ataupun membacanya.. agar menjadi wacana publik supaya publik jadi sadar akan lingkungannya..

karena kita.. sudah kurang peka terhadap lingkungan kita sendiri..

7 comments

  1. Raden Mas Angki · March 16, 2008

    Apapun yang terjadi ™ : Keprihatinan pemerintah untuk kemakmuran NEGERI ini yang kudu terjadi.>!!!

  2. Raden Mas Angki · March 16, 2008

    Lah Pertamax ™ toh???

  3. deteksi · March 16, 2008

    diakui atau tidak, kita ini memang cenderung bersikap reaktif daripada proaktif.. juga mudah diombang-ambingkan pemberitaan..

  4. ecchan · March 18, 2008

    @Angki: jadi wajar kalo semakin sedikit kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.. lha wong pemerintah tidak memperhatikan masyarakatnya.. ckckckck.. apa mereka nggak malu yah??

    @det: iya.. *angguk2 tanda setuju ama det* lagipula tak sedikit yang NATO (No Action Talk Only) toh??

  5. ndutyke · March 18, 2008

    jadilah wartawan yang baek ,kelak, ya Nak… *manggut2* jangan cuma ikut2 apa kata pemegang saham aka kapitalis dunia media itu. tp gunakanlah hati nurani sebagai wartawan/jurnalis…selagi masih poenya.

  6. santy · March 22, 2008

    hmmm… kita emang harus mensyukuri benar kehidupan kita yang sekarang dan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk diri sendiri, keluarga dan saudara kita…🙂

  7. gempur · March 27, 2008

    ya ya ya saya hanya bisa mengeluh dan mengumpat..😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s