kartini masa kini

yah… beberapa hari yang lalu.. tepatnya pada tanggal 21 April 2002, kita merayakan sebuah hari yang sangat berarti bagi para perempuan di Indonesia.. apalagi kalau bukan hari kartini..

Tiap tanggal 21 April bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini. Wujud penghormatan kepada Raden Adjeng Kartini, tokoh emansipasi wanita Indonesia.

Beliaulah yang mendobrak belenggu terhadap wanita. Dulunya wanita hanya dianggap sebagai konco wingking atau tukang masak, sehingga tidak perlu bersekolah. Namun berkat perjuangan Kartini, wanita Indonesia mendapat pengakuan dan kedudukan yang sejajar dengan laki-laki. Memiliki hak yang sama dalam segala hal.

written by deT on TPC

berkat beliaulah, akhirnya kita bisa menikmati sekolah..
berkat beliaulah, akhirnya kita memiliki pilihan dalam hidup..
dapat memilih untuk menjadi seorang ibu rumah tangga.. atau meniti karir..
atau bisa jadi merengkuh kedua hal tersebut..

bagi seorang wanita.. meniti karir merupakan sebuah cita2 yang cukup tinggi.. dan itu merupakan pilihan yang harus diperhatikan dengan seksama dan sesingkat-singkatnya.. halah! padakno proklamasi wae XD~ tapi entah mengapa yang tu2t lihat.. banyak yang menyalahgunakan arti persamaan gender ato emansipasi wanita..

demi emansipasi… para perempuan berhak melakukan pekerjaan laki2.. demi kesetaraan gender.. para perempuan merasa kedudukannya setara dengan laki2..

tapi.. apakah itu berarti perempuan dapat melakukan pekerjaan berat?

secara fisik..
perempuan dan laki-laki tercipta dengan kemampuan yang berbeda.. perempuan [sekuat apapun juga] tetap tidak sekuat laki-laki…

but… hey!!
Tuhan menciptakan Perempuan dengan hati yang tegar dan tabah.. karena kekuatan perempuan berada di perasaan.. karena perempuan memiliki 9 emosi.. dan laki2 memiliki 9 logika..

jadi kalo mau disejajarin.. ituh nggak mungkin buanget!! masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan masing2.. jadi kayaknya jangan meneriakkan “demi kesetaraan gender”.. akan tetapi “kerjasama dan pengertian antar gender”.. kalau antara laki-laki dan perempuan, saling kerjasama dan mengerti.. pasti salah satu pihak tidak akan diremehkan..

halah… kok kayaknya jadi OT yah -____-;;

Selamat Hari Kartini!!!

8 comments

  1. nikencorner · April 23, 2008

    Bener banget chan! Kadang orang salah mengerti mengenai konsep kesetaraan gender, dan ujung2nya, kebanyakan perempuan yang merasa “setara” dengan pria, ogah menjadi bawahan/partner pria. Padahal kan bukan itu tujuannya…
    Bagaimana pria dan wanita saling menghormati kelebihannya masing2, dan memanfaatkannya dalam suatu kerja sama simbiosis mutualisme; itulah yang lebih cocok diterapkan ketika kita bicara kesetaraan gender (hampir sama ya kaya pendapatmu.. XD).
    Pria akan selalu menjadi imam, tinggal bagaimana sikap saling menghormati dilakukan.
    Duh, jadi ngoceh panjang lebar deh. GAra2 sebel sih…😛

    chan: setuju!!!! banyak yang salah kaprah akan kata kesetaraan gender ntuh -__-;

  2. Mus_ · April 23, 2008

    kok ndak ada film di Indonesia yg angkat cerita tentang kartini, ya?
    padahal naga bonar saja ada.

    wiro sableng bahkan ada juga.😀

    *menggila*

    chan: lhaaa… Mus_ dong yang bikin😛

  3. aRuL · April 23, 2008

    met hari kartini, semoga karir wanita itu lancar dan tetap memahami kodrat alamiahnya juga🙂

    amien! semoga kita juga mendapatkan seorang pendamping yang pengertian dan juga paham akan kodratnya😀

  4. Anas · April 24, 2008

    met hari kartini…

    terima kasih😀

  5. don45 · April 26, 2008

    Selamat hari Kartini meskipun saya ngucapinnya telat !he..he… Salam kenal ! Doni !!

  6. Eru · April 28, 2008

    Hmm ya… laki2 mikir, peremuan ngerasa
    (bukan berarti perempuan ga bisa mikir dan laki2 ga bisa ngerasa)

    itu ma jalannya saja… saling melengkapi…

    Lagian
    mo emansipasi penuh…gimana
    toh WC aja masih dipisah2…
    kamar ganti juga masih dipisah2..

  7. tyka · May 1, 2008

    yang dimaksood dgn kesetaraan-gender itu apa sih?? aku dulu ngambil mata-kuliah 2 SKS yang berkaitan dengan gender and stuff…tp ga nyandak juga apa yang sebenarnya di maksood dengan frase diatas.

  8. ecchan · May 3, 2008

    @mbak tyk: *mikir* apa yah???? yah.. ituh kan kata2 yang sering diteriakkan beberapa elemen masyarakat. mungkin maksud mereka adalah kedudukan antara laki-laki dan perempuan yang imbang atau setara atau sederajat.. gituh mungkin, mbak😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s