satu bahasa..

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928
Teks Soempah Pemoeda dibacakan pada waktu Kongres Pemoeda yang diadakan di Waltervreden (sekarang Jakarta) pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928.

teks diatas diambil dari sumpahpemuda.org

yep.. hari ini merupakan hari sumpah pemuda lho.. dimana 80 tahun yang lalu sekitar 75 peserta, empat diantaranya adalah warga tionghoa, dan 9 orang panitia kongres pemuda mengumandangkan sumpah untuk bangsa yang kita cintai ini..

sudah saatnya kita bangkit dari keterpurukan multi dimensional yang terjadi di bangsa kita ini.. *halah.. bahasane sok sah* XD~

tapi yang selalu menjadi perhatian tu2t dari dulu sampai sekarang adalah.. kita ini bangsa Indonesia atau Endonesia?? secara tulisan, negara kita itu namanya Indonesia.. tapi kebanyakan orang, sadar atau tidak, mengucapkan Endonesia.. bagaimana dengan teman2 semuanya??

tu2t akui siyh, kalo tu2t juga sering ngomong Endonesia ketimbang Indonesia.. tapi sentilan dari temen2 paduan suara waktu tu2t duduk di bangku SMA dulu itu membuat tu2t berfikir..

PS: Indonesia tut.. bukan Endonesia.. hurufnya lho I.. bukan E..
Tu2t: tapi kan banyak yang bilang Endonesia…
PS: makanya, mulai dari sekarang kita harus membiasakan diri untuk menyebut Indonesia, bukan Endonesia..

kata Indonesia yang pengucapannya menjadi Endonesia mungkin, sekali lagi mungkin lhoo, terpengaruh dari bahasa jawa.. dimana banyak kata2 yang menggunakan huruf I bisa berubah bunyi menjadi E.. yah, ini sih hasil dari pengamatan tu2t lho.. belum tahu bener atau tidaknya.. ada yang bisa jelasin??

So.. Indonesia atau Endonesia nih??

kalau tu2t sih berusaha untuk mengucapkan Indonesia dengan Indonesia.. kan kita mempunyai satu bahasa nasional, bahasa Indonesia.. mari kita berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, dimulai dengan mengucapkan nama negara, bangsa dan tanah air kita ini dengan benar..

Indonesia..

8 comments

  1. kucluk · October 28, 2008

    merdeka!!

  2. Fenty · October 28, 2008

    yang penting maknanya … tsaaahh … hehehehe

  3. p4ndu_454kura® · October 29, 2008

    Vote tu2t for President 2014.:mrgreen:

  4. tu2t · October 29, 2008

    @khu: MERDEKAAA!!!

    @Fenty: heuheu.. gituh ya??😕

    @pandu: halah.. opo2an toh, ndu…

  5. ipied · October 30, 2008

    Endonesia tanah air beta… pusaka abadi nan jaya…..
    Endonesia sejak dulu kala… tetap di puja2 bangsa…
    disana tempat lahir beta, di buai di besarkan bunda, tempat berlindung di hari tua…… tempat akhir menutup mata…..

    wah gw produk orba banget nih, bisanya ngomong endonesia hehehehe

  6. ndutyke · November 2, 2008

    kalo sih nggak merasa mempopulerkan penggunaan bahasa Indonesia yg baik dan benar. Baik via tulisan (blog), maupun oral (percakapan sehari-hari).

    padahal sebagai seorang guru, semestinya aku memberikan contoh yg baik ya?

  7. tu2t · November 6, 2008

    @ipied: ahahahahahahaha…

    @mbak tyka:i think so.. tapi sih menurut chan, yang penting konsisten mbak.. jadi anak2 ituh bisa menilai…

  8. Shei · November 8, 2008

    sumpoah pemuda yaa…..
    bicarain masalah pemuda kayaknya gada habisnya ya?? hohoho…..
    Piss ah,,
    saia akan menjadi generasi penerus bangsa yang baik,,
    dimulai dari diri sendiri, bukan begitu saudari tutut??🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s