sinyal tubuh

udah pernah tahu kalau tubuh kita bisa bicara?? andai saja tubuh kita bisa bicara.. mungkin dia bakalan banyak protes ke kita gara2 kita sering memforsir tubuh kita.. heuheuheu.. rasanya dulu tu2t pernah dapet artikel ttg ini di milis mana gituh.. tapi untungnya chic edisi 25 mengulas ttg ini..

so here is the fact! (tu2t mengutip dan meringkas langsung dari CHIC edisi 25)

apa yang terjadi pada tubuh, memberi dampak langsung pada diri anda. ketika anda lalai memperhatikannya, dia akan memberikan sinyal-sinyal ini.

cepat lupa

penyakit pikun yang terjadi pada usia muda salah satu penyebabnya adalah kurang tidur. kemampuan memori anda mengingat suatu informasi akan meningkat 20-30% apabila anda menyempatkan tidur selama 8 jam setelah anda menerima informasi tersebut.

kedutan pada kelopak mata

para ahli kesehatan sepakat bahwa 99% kedutan pada mata disebabkan tubuh didera stress dan kelelahan. cara tepat untuk menghentikannya hanyalah membiarkan tubuh dan mata beristirahat.

sulit konsentrasi

sulit konsentrasi disebabkan karena anda kekurangan asupan protein dan karbohidrat. mengonsumsi keduazat makanan tersebut dalam jumlah yang cukup dapat membantu menggenjot kadar dopamine dalam otak, yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan konsentrasi dan kemampuan untuk memfokuskan diri pada sesuatu.

menguap terus menerus

menguap bukan berarti anda tengah merasa mengantuk. menguap juga merupakan sinyal dari alam bawah sadar bahwa tubuh anda kurang bergerak. solusinya, hentikan pekerjaan anda dan berjalan-jalanlah sejenak untuk menghirup udara segar.

lekas lelah

kondisi lelah yang anda alami selama berbulan-bulan bisa menjadi pertanda bahwa anda sedang mengidap Sindrom Lelah Kronik. munculnya SLK ini berhubungan dengan aktivitas fisik berlebihan seperti olahraga yang terlalu dipaksakan atau akibat stress.jika terjadi apada anda, segera konsultasi ke dokter.

cegukan

bila sedang tidak melahap apapun, namun mengalami cegukan, itu pertanda tubuh anda sedang stress. hormon stress yang dilepas kedalam aliran darah kemudian merangsang serat saraf secara berlebihan. akibatnya terjadi kontraksi otot tak sadar yang terletak di dekat pita suara sehingga menimbulkan bunyi. redakan cegukan dengan menelan sedikit gula pasir. butiran gula pasir mampu menstimulir ujung saraf di balik kerongkongan sehingga menghambat impuls saraf lainnya dan meredakan cegukan.

kaki kram

kaki kram bisa jadi sinyal bahwa tubuh anda mengalami dehidrasi serta kekurangan asupan kalsium dan magnesium.

nyeri perut

rasa sakit pada perut bisa muncul akibat kebiasaan makan tidak teratur sehingga timbul gangguan pada lambung. namun nyeri perut yang tidak terjadi karena maag atau penyakit lain, bisa dikarenakan anda sedang mengidap depresi.

sakit kepala

sakit kepala karena tegang diawali dengan ketegangan di otot leher, bahu, dan tengkorak. sakitnya selalu berawal dari kepala belakang, merambat kedepan lalu kedua sisi kepala. jika anda mengalaminya, berarti tubuh anda sedang mengirimkan sinyal bahwa ia butuh istirahat.

jadi.. pernahkah anda mendapatkan sinyal-sinyal tersebut??

9 comments

  1. aRuL · December 5, 2008

    wah infonya bermanfaat banget…
    ini mata saya terasa lelah, berat gitu..
    trus badan koq kecapean gini yakz…

  2. ecchan · December 5, 2008

    waktunya tidur tuh, rul😀
    istiraha rul.. istirahat..

  3. gajah_pesing · December 5, 2008

    perasaan kalo kedutan di mata tandanya ada yang merindukan kita lho….

  4. angki! · December 5, 2008

    perasaan aku ket mbiyen ngunu. :mrgreen:

  5. Anang · December 5, 2008

    @gajah : gajah merindukan ecchan ki

  6. deordinaryone · December 5, 2008

    Sering banget! hehehe :p
    especially nyeri perut ma sakit kepala🙂

  7. Latif Anshori Kurniawan · December 6, 2008

    Duh, hampir setiap saat, setiap hari, saya mengalami hal semacam itu.

    Salam hangat,
    Latif Anshori Kurniawan

  8. chibinekobe · December 6, 2008

    ada…cepet lupa, kedutan pada kelopak mata, sulit konsentrasi, menguap terus menerus, dan sakit kepala… wedew… mau istirahat tapi ga bisa… T_T

  9. Fenty · December 8, 2008

    Kalau sih aku tambahan sakit punggung … anyway, kedutan itu tak pikir diomongno wong … hehehehehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s