info Gerhana Matahari 2009-2010

lagi-lagi dapet info ini dari milisnya CHIC.. terlepas dari hoax ato bukan.. tetep bagus juga untuk dibagikan🙂 tapi rasanya bukan hoax degh.. soalnya tu2t sempet googling tentang ini.. dan langsung dapat infonya dari NASA..


Akhirnya, setelah sekian lama, Gerhana matahari akan segera menyapa Indonesia . Tidak tanggung-tanggung, 3 gerhana matahari secara berturut-turut akan melewati Indonesia dalam rentang waktu 2009 – 2010. Sayangnya, tidak semua bagian di wilayah Indonesia dapat melihat fenomena ini. Karena, ketiga gerhana ini cuman melewati bagian barat dan/atau utara indonesia .

Tahun 2009 tercatat ada dua gerhana yang akan melewati Indonesia , yaitu pada tanggal 26 Januari dan 21-22 Juli, sementara itu, gerhana matahari akan kembali menyenggol kita pada tanggal 15 Januari 2010.
Fenomena ini sangat disayangkan untuk dilewatkan, karena gerhana matahari baru akan menyapa kita kembali pada tahun 2016.

1. Gerhana 26 Januari 2009

Yang paling spesial dari ketiganya adalah Gerhana pada tanggal 26 Januari yang jatuh pas di hari libur Imlek. Gerhana ini dapat dilihat oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia (Dari Banda Aceh sampai Ambon), beruntunglah mereka yang tinggal di daerah Lampung, Samarinda, dan Teluk betung, karena bulan menutup hampir seluruh bagian matahari. Gerhana ini terjadi pada waktu sore hari sekitaran pukul 3 – 4.
Berikut gambar-gambar mengenai Gerhana ini:

Yang perlu diperhatikan dari jenis gerhana ini adalah jenis gerhana ini adalah gerhana matahari anular (bukan total) artinya ukuran bulan tidak cukup besar untuk menutupi seluruh priringan matahari berbeda dengan gerhana matahari total dimana bulan menutupi seluruh piringan matahari. Jadi, untuk melihatnya, perlu digunakan lensa pelindung mata, serta bagi fotografer, ingat untuk melindungi lensa kameranya sebelum mengabadikan fenomena langka ini.


gerhana matahari anular


gerhana matahari total

2. Gerhana Matahari 22 Juli 2009

Gerhana ini cuma dapat dinikmati oleh mereka-mereka yang tinggal di bagian utara Indonesia seperti: Banda Aceh, Jayapura, Manado, Medan, Padang, Palu, Pekanburu, Pontianak, Samarinda, Sorong, Ternate. Jenis Gerhana ini adalah gerhana Matahari Total, namun di Indonesia , bulan hanya akan menutup sebagian kecil dari matahari. Jika ingin melihat gerhana matahari total ini secara full, anda bisa ke Shanghai , karena disana, Bulan akan menutupi seluruh bagian matahari.

3. Gerhana Matahari 15 Januari 2010

Fenomena alam ini cuman bisa dinikmatin oleh mereka yang tinggal di bagian utara dan barat Indonesia seperti: Balikpapan, Banda Aceh, Tanjungkarang Telukbetung, Bandung, Banjarmasin, Bengkulu, Jakarta, Manado, Medan, Padang, Palembang, Palu, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surakarta, Yogyakarta. Bagian Timur Indonesia sudah keburu malam ketika bayangan bulan melewati bagian sana .

Sama halnya dengan gerhana Juli 2009, bulan cuma akan menutup sebagian matahari saja. Karena pusat jalur Gerhana Matahari ini melewati daerah India dan Cina sana , sehingga di Indonesia cuma kebagian sebagian kecil bayangan dari Bulan..

17 comments

  1. phiy · January 20, 2009

    tanggal 26 ga kemana-mana, liat ah..

    ung…gerhana bulan tu ngaruh ke air laut ga ya🙄
    *sedangbodoh.com*

  2. gajah_pesing · January 20, 2009

    mugo-mugo iso ndelok

  3. hoihei · January 21, 2009

    26 ini yah. nongol ny dimana aja, surabaya berkabut gak ya ?

  4. GlongGongan · January 21, 2009

    duh binun, gk donk aku…

    mugo2 aq isok ndelok, ben aku isok nge whis. ben aku tambah ganteng….

    heheheehehehehhe 😀

  5. mzarkoni · January 22, 2009

    kalau minta permohonan bisa terkabul g y?he he he

  6. ipied · January 23, 2009

    tandanya apa ya gerhana bulan pas imlek?? rejeki banyak kah? atau rejeki di makan naga?😀

  7. shei · January 23, 2009

    Waaaaw! Kereeen!!!

    kita tunggu deh gerhananya ^^

  8. icang · January 24, 2009

    mari melihatttt

  9. Sized · July 21, 2009

    Jangan lupa Sholat Gerhana Matahari ya….. bagi yang Muslim.

    your’s
    mmamien@gmail.com

  10. adhek · July 23, 2009

    yah tinggal nunggu 15 july 2009

  11. Nurhaida · December 30, 2009

    Waaooww…fenomena alam hsil karya zat yg super keren (ALLAH SWT) ..!! Mkx aq emoh ketinggaln tuk mnyaksiknx..

  12. gerry rapega dien · January 14, 2010

    wah harus buat sesajen nih bwt sang bulan,,,hahahaaa

  13. Akhmad Suwardi · January 15, 2010

    Semoga ALLAH SWT masih memberikan sinar Mataharinya untuk umat dimuka bumi ini. Amin….

  14. Hardianto · January 15, 2010

    Wahai umat manusia indonesia,trutama pr pjbt negara! Bnyk2lh brbuat baik, dn jgn krupsi krna hrta yg gk halal it gk ak abadi sprti gerhana matahari saat ini” prom; selotong langkat sumut”

  15. adin"sagara" · January 15, 2010

    waw keren……. kalo leh tau gmn ya caranya liat gerhana matahari biar mata kita nggak rusak…….soalnya kata orang2 mata ini bisa buta………..q titip aja buat para pejabat jangan suka bohongin rakyat ya kurangi kegiatan yang merugikan OK…….>>> klo masih nunggu 2016 sih lama katanya kiamat 2012 hehehe……..jangan percaya ramalan denk……….tq ya atas informasi- nya titip salam aja wat nax “NEDACIS” biar sehat,pinter,dan baik selalu wat alumni sdn 4 kertasari met bertemu lagi yaaaaa………
    SALAM MANIS ADIN”SAGARA” CIAMIS……….JABAR…..

  16. shanty · January 21, 2010

    ya alloh,,,,,q pengen liat juga,,,,,,,

    kayak pa gerhana matahari???prasaan blm pernah liat q,,,,
    jd pengen deh setelah baca koment2 diatas,,,,
    let’s we see,,,

  17. luqman · June 25, 2010

    fenomena itu hebat bagi saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s