jangan salah pilih!!

i’ve got this from email.. i think it would be usefull if i paste it here ^^

Pemilu 2009 adalah pemilu terbanyak yang melibatkan caleg atau calon legislatif, sebenarnya berapa sih gaji dari anggota DPR?

Penerimaan anggota DPR terbagi menjadi tiga kategori, yaitu: rutin perbulan, rutin non perbulan dan sesekali.

Rutin perbulan meliputi :

  • Gaji pokok : Rp 15.510.000
  • Tunjangan listrik : Rp 5. 496.000
  • Tunjangan Aspirasi : Rp 7.200.000
  • Tunjangan kehormatan : Rp 3.150.000
  • Tunjangan Komunikasi : Rp 12.000.000
  • Tunjangan Pengawasan : Rp 2.100.000
  • Total : Rp 46.100.000/bulan
  • Total Pertahun : Rp 554.000.000

Masing-masing anggota DPR mendapatkan gaji yang sama. Sedangkan penerimaan nonbulanan atau nonrutin. Dimulai dari penerimaan gaji ke-13 setiap bulan Juni.

  • Gaji ke-13 :Rp 16.400.000.
  • Dana penyerapan ( reses) :Rp 31.500.000.
  • Dalam satu tahun sidang ada empat kali reses jika di total selama pertahun totalnya sekitar Rp 118.000.000.

Sementara penghasilan yang bersifat sewaktu-waktu yaitu:

  • Dana intensif pembahasan rencangan undang-undang dan honor melalui uji kelayakan dan kepatutan sebesar Rp 5.000.000/kegiatan
  • Dana kebijakan intensif legislative sebesar Rp 1.000.000/RUU

Jika dihitung jumlah keseluruhan yang diterima anggota DPR dalam setahun mencapai hampir 1 milyar rupiah. Data tahun 2006 jumlah pertahun dana yang diterima anggota DPR mencapai Rp 761.000.000, dan tahun 2007 mencapai Rp 787.100.000.


Woww.. pantas jika mereka mengejar kursi DPR, belum lagi dana pensiunan yang mereka dapatkan ketika tidak lagi menjabat.

Sumber: http://www.kabarinews.com
http://warnadunia.com/rahasia-kenapa-banyak-yang-ingin-jadi-anggota-dpr/

11 comments

  1. SR Fahmi · March 19, 2009

    ya gitu ecchan…makanya jangan salah pilih dalam pemilu nanti

  2. kacrut · March 19, 2009

    iyo… males banget.. harus nya gaji departemen keuangan yg digedhein.. kan kita yg nyari duit buat negara.. hufh.. gak rela aku kerja siang malam buat bayar mereka yg kerjanya tidur2an ajah.. -doh- komengku berasa berbobot sekali yah.. wekekkekeke

  3. Rudy · March 20, 2009

    Males bahas jika soal P.N???
    Antara gaji bulanan dan kerjanya banyak yang nggak cocok tuh, mukanya dan embel-embelnya aja yang sangar (anggota DPR) tapi dalam bobrok….
    Salam kenal dari blogger Jatim.
    Boleh nggak nih kita tukeran link???

  4. Edi Psw · March 20, 2009

    Pantesan banyak orang memimpikan jabatan sebagai wakil rakyat, gajinya aja segitu. Gaji rutin Rp 46.100.000/bulan sudah lebih dari cukup untuk menghidupi keluarga selama sebulan. Tapi, apakah ada ya gaji untuk tidur dalam sidang? Hehehe….

    Btw, senang mbak kemarin bisa ketemu. Salam kenal juga.

  5. tu2t · March 20, 2009

    @SR: yep.. saiyah udah menentukan pilihan kok ^^

    @kacrut: bener ituh… kamu yang PN ajah gak rela cari duit buat bayarin mereka.. lha kita2 ini yang bukan PN, semakin malas aja bayar pajak kalo buat mereka yang tiduran ituh –‘

    @rudy: tukeran link?? monggo ^^

    @edi: wah.. mau dunks kalo digaji untuk tidur.. hahahahaha😛

  6. p3ny0 · March 21, 2009

    salam kenal mbak..😉

    wah.. pantes aja.. skrg bnyk bgt yg ingin jdi anggota DPR..
    ternyata gajinya segedhe itu to..??

    oh iya.. isa tukeran link ga mbak..??

  7. ericova · March 21, 2009

    nah tuw jangan golput n jangan salah pilih..gini2 uang kita😦 uang kita dihamburkan kayak gini,jadi sedih n ilfil bayar pajak n PBB ckckck ;p

  8. sandclow · March 22, 2009

    di negara tetangga jauh Indonesia … menteri yang ketauan tidur langsung mengundurkan diri …

  9. acie · March 31, 2009

    haha….. semalemnya bis begadang kale…. yahhh begadang nya ngapain dulu niy… kalo begadang untuk bekerja.. yah bagus2 aja.. nah loh kalo begadang dalam tanda kutip?????? cuape dweh… harusnya para dewan gajinya 1 juta ja…….

  10. acie · March 31, 2009

    hahahahahaaaaaaaa… mereka tidurnya di gubug derita kale… ( istrinya ga asik… hahahaha ) trus pas ngerasain kursi empuk+ac……. yahhhh jadi gitu deh… norak banget yua

  11. acie · March 31, 2009

    eh gini aja…… gimana kalo setiap rapat ada pengawas khusus……. jadi yang ketauan tidur langsung di pecat… atau pemerintah menyediakan kursi listrik.. nah para dewan yang tidur.. secara otomatis bakal kesetrum… kan lucu tuh……
    heuheuheu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s