kualat..

mulutmu harimaumu..

sepertinya slogan yang diusung di salah satu iklan operator GSM ternama di Indonesia ini memang tepat untuk postingan tu2t saat ini.. yup.. berkaitan dengan omongan atau kata2.. salah bicara saja bisa-bisa kualat lhoo~.. apa yang dikatakan bisa kembali ke dirinya sendiri..

seperti apa yang terjadi pada salah satu tetanggaku.. tu2t gak tahu kita ini ada salah apa ke mereka.. selama ini kita berlaku baik.. sopan.. santun.. dan tidak mencibir orang lain di hadapan orang banyak.. tapi kenapa keluargaku selalu mendapatkannya yah??

beberapa orang mengatakan kalau mereka itu iri dengan keluargaku.. padahal.. apa siyh yang di-iri-kan?? berbicara soal harta.. mereka lebih punya ketimbang kita.. kedudukan juga lebih hebat ketimbang kita.. tapi ketika ayahku turun dari jabatan RT karena sudah 3 periode *c’mon.. 3 periode ituh = 9 tahun.. ayahku yo capek yo* satu persatu mulai kelihatan belangnya..

mulai dari kegiatan kita menjual mobil keluarga.. katanya ayahku usahanya bangkrut.. trus ada yang tiba2 datang ke rumah sambil nawar rumah.. katanya yang nawar rumah ituh denger dari salah satu tetangga, kalo rumah kita itu dijual.. bahkan sudah diiklankan di koran! busyet!!

beberapa orang di lingkungan rumahku memang terbilang rese’.. ada aja yang diomongin.. kalo dalam kasus keluargaku.. mereka seolah-olah ingin terlibat langsung dengan keluargaku.. bahkan tatanan sofa di ruang tamu aja diatur.. busyet dah! kalo tu2t boleh nyeplos saat ituh.. mungkin tu2t bakalan bilang “sape lu! keluarga aja bukan.. malah ngatur2 rumah orang”..

boleh dibilang.. kita termasuk orang yang sabar nan legowo *amien* akan semua omongan, bahkan yang miring sekalipun.. walopun benernya kita juga emosi dengernya.. tapi untuk kasus yang terakhir ini.. tu2t bener-bener gak tahan pengen mencakar mulutnya.. ato bahasa jawanya mentolo ngrawuk lambene..

gimana enggak.. yang digunjingkan adalah keponakanku.. yup.. keponakanku yang baru berusia 3 hari *saat itu*.. seorang bayi yang tak berdosa ituh sudah digunjingkan ama mereka T___T tega banget siyh!! seorang bayi tak berdosa.. tak mempunyai kesalahan.. tapi dah diomongin yang bukan-bukan..

gara2nya simpel banget.. pas waktunya pulang, ternyata dokternya bilang kalo ponakanku ituh keadaannya kuning.. berarti kadar bilirubinnya tinggi.. kalo gak salah siyh ituh.. jadi kudu di photo therapy selama 1 X 24 jam.. ketimbang terjadi apa2.. lebih baik ditinggal di RS ajah.. kondisi tersebut sering terjadi pada bayi yang baru saja lahir.. oleh karena ituh kita tidak perlu khawatir.. toh cuman 1 hari ajah kok..

namun ternyata berita yang menyebar adalah “cucu-nya Bu. H itu sakit. makanya gak pulang hari ini”

JDHEEEER!!! *shock jilid 1*
mamaku mulai gak terima.. apalagi mbakku.. orang tua mana siyh yang terima anaknya diberitakan seperti ituh?? tapi kita harus bersabar.. sabaarrr.. saaaabaaaarrrr…. huff huff… terlebih lagi si oknum A merupakan ibu dari sobat SDku, yang kebetulan juga cucunya lahir 1 hari sebelum ponakanku lahir..

keesokan harinya, ayahku pergi ke budheku buat ngambil pinjeman kereta bayi.. ketimbang beli.. mendingan pinjem toh?? kereta bayi harganya mahal lho.. yang murah ajah sekitar 350rban -__-‘ di jaman yang kudu serba mengirit ginih.. lebih baik pinjem toh?? lagian keretanya masih bagus juga.. pas ayahku pulang.. ada oknum B si tukang rese’ dirumahku.. saat ituh dia komen2 gak enak gituh.. tapi ayahku emang paling top! beliau gak marah sedikitpun.. walopun mungkin ayahku memendam kekesalannya.. karena kalo ampe keluar.. bisa jadi perang tuh..

namun ternyata, oknum B berkata di pengajian “untung gak beli kereta bayi buat cucunya bu.H. mereka udah punya. tapi bekas”

GGGGRRRRRRHHH!!! *mentolo ngrawuk lambene*

tapi belum sempat tu2t datengin untuk bilang ke oknum B untuk menjaga ucapannya, ternyata keduluan ibunya sobatku.. ternyata oknum B telah menyebarkan berita kalo sobatku ituh mau nikah bulan Juni.. alasannya adalah berita baik harus disebarkan.. memang berita baik sebaiknya disebarkan.. tapi ibunya geram karena seharusnya yang menyebarkan berita tersebut adalah keluarganya.. bukan dia.. dan terjadilah pendampratan oleh ibunya sobatku karena oknum B terlalu ikut campur dengan urusan orang lain..

*dalem hatiku* kapoookkk.. makanya toh.. jangan terlalu ikut campur ama urusan orang lain.. uruslah dirimu sendiri po’o..

gak lama kemudian, cucu oknum A masuk rumah sakit karena cucunya kuning.. lhaaaaa~ kualat tenan toh.. makanya toh.. jangan ngomong yang bukan-bukan tentang orang lain.. kalau akhirnya terjadi pada cucunya sendiri, mau ngomong apa coba??

jadi, hati-hati kalo ngomong.. jangan asal nyeplos ajah.. dan yang terpenting, berfikir dahulu sebelum ngomong.. ketimbang omongannya berbalik ke diri sendiri, jadinya malu toh..

dan tu2t akui.. mengontrol omongan ituh memang paling sulit.. jadi lebih baik diam ketimbang ngomong yang nyakitin hati orang lain ^^

lebih baik diam dan menuangkannya di blog
wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk *kaboooorrr*

5 comments

  1. Fenty · April 6, 2009

    waduuuuh itulah manusia, khususnya indonesia … apapun pasti diomongin, memang kita mesti legowo nerima semuanya …

  2. ecchan · April 6, 2009

    emang yang kaya gituh orang indonesia doang yah?? hmm.. baru tahu akuh😛

  3. aziz · April 10, 2009

    hmm…. jadi, harus bangga ato nggak jadi orang indo?? *liat komen diatas*

  4. ipied · April 13, 2009

    duh tuh orang kok bibirnya nyinyir banget ya?? sumpel chan pake kue bolu, ato pake resoles ben meneng… welelekekekekeke

  5. beltingtong · April 30, 2009

    waaa..ni yg curhat2an di Indigo ni iaaa.. hmm.. i..see… i..see…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s