debat capres-cawapres vs debat tim sukses

seru mana?? jelas seru debat tim suksesnya lah.. disini secara terang-terangan para tim sukses saling ‘menjatuhkan’ dan membela masing-masing pasangan capres+cawapres yang diusung mereka.. untuk debat cawapres kemaren [walopun tu2t gak liat debatnya, tapi malah melihat debat tim suksesnya], tu2t merasa kasihan ama moderatornya.. moderator memang berperan sebagai pengendali forum debat.. tapi malah dihujat oleh tim sukses mega-pro dan jk-win karena dianggap tidak mensukseskan jalannya debat.. atau lebih tepatnya tidak membawa forum debat itu menjadi lebih dinamis..

oh yea???

tahu gak.. tugas moderator itu tidak gampang lho.. dia harus membawa alur perdebatan agar tak menjadi ajang debat kusir.. seorang modeator haruslah seseorang yang bisa bersikap netral.. tidak memihak kiri, kanan maupun tengah.. selain membuka dan menutup forum, moderator juga punya hak tanya dan juga menyimpulkan mengenai perdebatan yang terjadi.. kalopun kemaren si moderator berkata kalo debat kurang seru ataupun para cawapres kurang kompeten.. ya itu hak dia lho.. karena dia yang berada di sana dan mengatur jalannya perdebatan..

jadi.. jangan salahkan moderatornya dunks.. malahan ada salah satu tim sukses [tu2t lupa dari mana] berkata kalau moderatornya terlalu pintar ketimbang cawapresnya.. sehingga debat tidak berlangsung seru nah loh!! maksudnya ituh cawapresmu kurang kompeten, gituh?? wah wah.. menjatuhkan martabat tuh namanya.. kalo gituh kenapa tidak ambil si moderator sebagai cawapres?? wkwkwkwk…

hmmm… susah juga ingin menilai perdebatan yang katanya terkesan ‘datar’ kmaren.. abisnya tu2t gak liat siyh xD~ tapi untuk debat capres minggu lalu.. all I could say is kompetitor SBY ternyata gocik kabeh.. beraninya menyindir dibelakang doang.. koar2 berapi2 di tiap2 kampanye.. mengatakan kalau pemerintahan sekarang gagal dan sebagainya..

tapi pas ketemuan di debat capres.. malah diam dan setuju2 ajah ama pendapat capres lain.. bu Mega.. mana idealismu?? engkau begitu berapi2 menyuarakan penderitaan rakyat, berkata kalau pemerintahan SBY merupakan pemerintah yang gagal.. tapi begitu ketemu ama orangnya malah gak mau ngomong.. itu apa namanya kalo gak gocik aka berani di belakang doang??

keadaan debat tersebut berbanding terbalik dengan debat tim sukses.. huwiiiikkk… tak hanya seru.. tapi bener2 bikin hati panas.. itu baru yang namanya debat kusir.. tak ada yang mau mengalah.. tak ada yang mau mendengarkan pendapat orang lain.. karena masing2 tim sukses tidak mau calonnya terlihat jelek di mata masyarakat.. akhirnya.. ya menjatuhkan lawannya..

huh.. tu2t kecewa.. karena tu2t berharap akan ada perdebatan sengit antara ketiga capres.. sesengit perang sindiran melalui iklan dan kampanyenya.. sehebat para tim sukses beradu argumen.. karena tu2t yakin masing-masing capres+cawapres memiliki visi misi dan program kerja yang berbeda.. jadi terbesit pertanyaan.. benernya tuh yang bertanding itu para capres+cawapres ato tim suksesnya siyh??

hmmphh.. yang jelas.. may the best candidate win.. then he/she will bring Indonesia to a better country.. amien!!

2 comments

  1. ipied · June 28, 2009

    sebenernya ide debat dari mana sih? mengadaptasi dari pemilu di amerika. semua yang berbau amerika di tiru habis oleh kita.. memang indonesia…nyatanya masih terjajah kok dalam masalah ide perdebatan sekalipun loh….

    lantas kalo seseorang ahli dalam berdebat, apa dia ahli dalam memerintah negara? memang kalo memerintah negara itu pake debat ya? kupikir orang bisa debat itu cuma pinter ngomong doang tapi dalam lakunya belum tentu spt apa yang dia katakan :p

  2. ecchan · June 29, 2009

    nyatanya pied.. orang yang vokal sekalipun ternyata bisa terdiam termangu menghadapi lawan politiknya.. bertolak belakang dengan pidato2 di tiap2 kampanyenya… ckckckckckck..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s