Agenda Surabaya Mei 2011

Bulan Mei merupakan bulan yang istimewa bagi masyarakat Surabaya. Karena pada tanggal 31 Mei 2011, Surabaya akan merayakan HUT ke-718 tahun. Menilik sedikit mengenai sejarah Surabaya, Surabaya dulunya merupakan gerbang Kerajaan Majapahit yang berada di di muara Kali Mas. Namun pada tanggal 31 Mei 1293, pasukan Majapahit yang dipimpin Raden Wijaya menang melawan serangan dari pasukan kerajaan Mongol utusan Kubilai Khan. Pasukan Mongol yang datang dari laut digambarkan sebagai ikan SURO (ikan hiu/berani) dan pasukan Raden Wijaya yang datang dari darat digambarkan sebagai BOYO (buaya/bahaya), jadi secara harfiah diartikan berani menghadapi bahaya yang datang mengancam. Sejak saat itulah nama Surabaya digunakan, dan tanggal 31 Mei merupakan hari jadi Surabaya. (diambil dari Wikipedia)

Kini Surabaya akan memasuki tahun ke-718. Bisa dikatakan usia ini bukanlah usia yang sebentar. Telah terjadi banyak sekali peristiwa yang dialami oleh Kota Pahlawan ini. Untuk menyambut ulang tahun Surabaya yang ke-718, Pemerintah Kota Surabaya akan mengadakan serangkaian acara yang pastinya akan memanjakan warga Surabaya, maupun warga luar kota Surabaya yang berkunjung ke Surabaya.

Dimulai dengan Parade Budaya yang diadakan pada tanggal 1 Mei 2011. Parade Budaya merupakan sebuah pembuka untuk mengawali perayaan ulang tahun Kota Surabaya ke-718. Akan ada berbagai macam atraksi dalam balutan budaya dan bunga meramaikan jalanan kota, dimulai dari Tugu Pahlawan hingga Taman Surya. Selain itu Balai Pemuda Surabaya akan menghelat sebuah Pameran Lukisan yang digelar mulai tanggal 1-15 Mei 2011.

Ingin menjelajahi budaya Surabaya? Anda bisa mengikuti Surabaya Heritage Tour (Visit Museum) yang diselenggarakan sepanjang bulan Mei 2011 oleh House of Sampoerna. Tak hanya itu saja, akan ada Festival Musik sebagai ajang untuk menggali potensi generasi muda Surabaya dalam bermusik, dan Pagelaran Musik yang digelar di area Tugu Pahlawan. Pada Pagelaran Musik ini akan hadir beberapa artis ibukota maupun artis lokal yang akan menghibur masyarakat Surabaya.

Rasanya kurang lengkap jika serangkaian acara yang berkaitan dengan budaya Surabaya ini bila tidak ada Duta Budaya dan Pariwisata dari Kota Surabaya ini sendiri. Oleh karena itu Surabaya akan menghelat Pemilihan Cak dan Ning Surabaya 2011, dimana pesertanya akan diuji kemampuannya mengenai budaya dan pariwisata Surabaya.

Salah satu acara yang cukup menarik adalah Festival Rujak Uleg. Rujak Uleg merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang semakin tahun semakin populer karena adanya festival ini. Ratusan bahkan ribuan peserta dari berbagai kecamatan di Surabaya, bahkan beberapa perwakilan dari negara sahabat, akan meracik rujak uleg dan berpenampilan semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian juri.

Karena asal muasal Surabaya dari muara Kali Mas, maka wajar jika Pemerintah Kota Surabaya juga mengadakan Gebyar Wisata Kalimas. Tidak hanya itu saja, kesenian khas dari pulau tetangga, yaitu Karapan Sapi, juga akan memeriahkan acara tahunan di Kenpark Pantai Kenjeran Surabaya.

Untuk meningkatkan potensi ekonomi serta mempromosikan Surabaya sebagai kota perdagangan dan jasa, maka akan ada Majapahit Travel Fair dimana para pelaku usaha dapat mempresentasikan produk dan jasa mereka di pameran ini. Selain itu juga ada Surabaya Great Expo dimana tak hanya pebisnis lokal yang mempresentasikan produk dan jasanya disini, para pelaku Internasionalpun juga turut meramaikan Expo ini.

Dan yang tak kalah heboh dari semua rangkaian acara diatas adalah diadakannya Surabaya Shopping Festival diseluruh pusat perbelanjaan di Surabaya selama bulan Mei 2011. Jadi, apakah anda siap menjadi saksi perhelatan akbar HUT Kota Surabaya ke-718?

kenangan dari SSF tahun 2009

source: berbagai sumber

— Personal Opinion —
terlepas dari segenap perayaan dan gegap gempita Pemkot surabaya merayakan HUT Surabaya, chan lebih setuju kalo Pemkot mengadakan serangkaian acara tersebut DITAMBAH dengan Perayaan Kenduri atau Bakti Sosial dimana warga Surabaya yang kurang beruntung dan tidak dapat mengikuti perayaan ini, bisa merasakan bahagia dan senang serta terlibat diantara hingar bingar perayaan ultah Surabaya..

intinya, mari kita tetap mengingat mereka yang kurang beruntung.. mari kita rangkul saudara-saudara kita yang tak bisa ikut menikmati HUT ini..

One comment

  1. indra · May 21, 2011

    mohon info tanggal untuk acara gebyar wisata kalimas dan karapan sapi yg diadakan di kenpark.. terimakasihh..
    klo boleh tau agenda untuk bulan juni apa yah di kota surabaya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s