2 Mei

2 Mei..

kita semua mengenal tanggal tersebut sebagai HARDIKNAS alias Hari Pendidikan Nasional, bukan? Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei merupakan salah satu Hari bersejarah yang tentunya di peringati setiap tahunnya sejak meninggalnya Ki Hajar Dewantara yang ditetapkan oleh surat keputusan Presiden RI No.305 Tahun 1959. (diambil dari gudang materi)

chan sih gak mau kasih tulisan yang berat-berat.. cuman sekedar mengingat beberapa tahun yang lalu, dimana chan masih berperan sebagai siswa, hingga pernah merasakan jadi guru di sebuah SMA Negeri di Surabaya…

dulu pas jadi pelajar, mbok ampun2an degh bengalnya.. ampe sempet ngerjain guru *maaf ya pak, bu..* walopun tetep beliau2 tidak marah dengan chan karena chan cukup berprestasi di sekolah.. trus pas jadi mahasiswa, mungkin rada insap kali yeh.. insap ato apaan yah? soalnya dosen ituh kan waktunya padat, jadi kita sebagai mahasiswa kudu pinter2 ngambil hati dan juga nguras ilmu di kepalanya.. oh.. how i miss those days when i still learn on the school..

trus diusiaku yang ke 21th, chan pernah merasakan jadi seorang guru bahasa asing di sebuah SMA Negeri di Surabaya *dimana kini bahasanya udah nguap karena jarang kepake XD* disana chan belajar kalau jadi seorang pendidik, baik guru maupun dosen, adalah hal yang TIDAK MAIN-MAIN!

tidak jauh berbeda dengan profesi wartawan/jurnalis, seorang pendidik, katakanlah guru ataupun dosen memiliki tanggung jawab moral yang tinggi.. ia bertugas mendidik murid-muridnya agar menjadi pintar.. well, ini kalo chan masih berpikiran kaku.. tapi kalo mau berpikiran luwes, tanggung jawab seorang guru adalah menemukan bakat yang dimiliki sang murid, mendidik serta membimbing mereka agar dapat berkompetisi di masyarakat.. jadi yang diemban oleh seorang pendidik bukan hanya tanggung jawab akademis, tapi juga tanggung jawab moral..

eh? kok bisa?

seorang pendidik dikatakan berhasil, menurut chan lho.. IMHO.. kalo salah mohon di koreksi.. dikatakan seorang pendidik itu berhasil kalau murid-muridnya berhasil berkompetisi di masyarakat dan sukses.. sukses dalam hal ini adalah kesuksesan yang diraih dengan kerja keras dan jujur tanpa melanggar aturan dan norma yang ada… kenapa chan tegaskan hal ini diawal.. karena kesuksesan ituh bisa dikategorikan menjadi dua, baik dan buruk.. tapi pendidik mana sih yang ingin muridnya sukses dalam artian yang buruk?? wkwkwkwk…

nah, sayangnya tidak sedikit pendidik yang memberikan ilmu secara akademis, tapi ilmu non akademisnya tidak diberikan juga..

ilmu non akademis? yup.. ilmu non akademis.. manner, people skill & discipline.. how will they react and socialize with people..

sadar gak sih kalo people skill anak2 sekarang ituh sopan santun, disiplin dan dan kemampuan bermasyarakatnya ituh kurang *banget*? berapa banyak anak Indonesia yang berani berbicara? berapa banyak anak Indonesia yang sopan terhadap orang yang lebih tua? berapa banyak anak Indonesia yang menghormati waktu?

ya nggak usah banyak-banyak lah… cukup lihat disekitarmu..

*ini lama2 tulisanku jadi ngglambyar degh*

okeh2.. back to topic.. daku tak ingin mengkritik banyak-banyak, chan sendiri lagi berusaha menghormati & displipin terhadap waktu.. Intinya, jika anda seorang pendidik yang bekerja di Instansi Pendidikan, baik itu Negeri ataupun Swasta.. didiklah anak didik anda dengan benar, dan bimbinglah mereka menuju kesuksesan..

dan walaupun kita tidak berkecimpung di dunia pendidikan, ingatlah selalu bahwa kita semua adalah seorang pendidik.. karena kita langsung ataupun tidak langsung, mendidik orang-orang di sekitar kita uuntuk menjadi orang yang lebih baik lagi..

“Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri China..”
lha kalo sudah mentok??

Tuntutlah Ilmu dari Apa yang Terjadi di SEKITARMU…
because the real education, is lie in this life..

HAPPY EDUCATION DAY..
Selamat Hari Pendidikan Nasional..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s