Food Combining

akhir-akhir ini chan sering denger kata food combining.. ya benernya udah tau dari dulu yah.. tapi maksud chan denger kata2 ini dari temen2 yang ternyata melakukan metode food combining dalam keseharian mereka..

menurut Wied Harry,

“FC merupakan pola makan sehat alami yang mendukung seluruh organ tubuh kita dapat bekerja dengan baik, sehingga kesehatan kita terjaga. Dampaknya, penampilan tampak lebih muda dan segar, dengan emosi yang terjaga dan mudah merasa bahagia. Selain itu, penyakit yang mungkin ada dalam tubuh kita, terutama penyakit akibat gangguan metabolisme, dapat teratasi. Seperti kegemukan/kekurusan, alergi/asma, gangguan lambung, gangguan asam urat, kencing manis, hipertensi, hiperkolesterol/trigliserida, stroke, penyakit jantung, tumor/kanker, gangguan emosional (stres, depresi, hiperaktif, keranjingan makanan, dll).”

trus menurut artikel disini,

food combining adalah sebuah diet berteori bahwa sekelompok makanan tertentu membutuhkan waktu cerna yang berbeda. Tubuh akan mencerna makanan dengan lebih baik bila kita mengkonsumsi makanan yang memiliki waktu cerna yang sama. Protein, umpamanya, memiliki waktu cerna yang panjang, sedangkan karbohidrat pendek. Karena itu keduanya tidak boleh dimakan berbarengan. Sebaliknya, protein dapat dikonsumsi bersamaan dengan sayur-sayuran hijau.

diriku, tak pakai metode ini lah yaw~
karena memang chan ndak pengen jadi kurus (kembali), tapi setidaknya tidak mau menjadi terlalu gemuk😛

beberapa temen menyarankan untuk menerapkan metode food combining.. walau belum mencobanya, sepertinya susah😄 mengingat saya pecinta daging dan makanan2 nikmat lainnya.. tapi bila mengingat serangkaian pantangan makan saya, yang HANYA memperbolehkan chan makan sayur, buah, tahu, tempe dan daging sapi/kambing.. rasanya perlu yah untuk mengetahui dan menerapkan food combining.. setidaknya, harus ada ilmu mengenai kandungan nutrisi/gizi yang terdapat di sayur & buah, sayuran apa yang baik untuk di combine dll.. sapa tahu, itu bisa mendetoks racun2 yang kadung mengendap di badan bertahun-tahun lamanya.. karena untuk membuangnya, selama ini chan menggenjotnya dengan banyak2 minum air, makan buah dan sayur..

mungkin jika saya tahu ilmunya, bakalan lebih joss untuk detoks..

trus bagaimana dengan kalian? sudah ada yang menerapkan metode food combining? atau tertarik untuk mencobanya?

2 comments

  1. efahmi · May 8, 2012

    kalo kita disini sih food combiningnya lebih asik: rawon, dicombine sama nasi campur, kalo ada rejeki mampir ya gado2 pun ikut masuk… :9

    • tu2t widhi · May 8, 2012

      nah! itu juga food combining yang paling sering saya makan juga.. hahahahaha!😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s