materi les

jadi chan setiap hari sabtu, seperti hari ini, punya aktivitas mengajar les privat. apa aja yg di privat? apalagi kalau bukan materi yang sangat chan kuasai? komputer. berhubung ini ngajarin anak kelas 4 SD (udah naik kelas 5 niyh anak), jadinya mau gak mau tiap minggu chan cari materi buat diajarin ke dia. kalau pas udah masuk sekolah, enak ya.. tinggal liat bukunya.. lha kalo liburan giniyh?

mau gak mau chan kudu puter otak, apa yang harus diajarkan hari ini.

sumpah.. chan dibikin kelimpungan olehnya.. mau gimana lagi? secara chan gak punya anak kecil plus gak ngerti silabus anak SD. ditambah lagi harus ngajarin dengan super ekstra sabar karena yang diajarin ini usianya dibawah 12 tahun..

si anak benernya cerdas yah.. tapi dia super duper manja.. maklum, ibu-bapaknya kerja mulu, jadi caper kalo ada mama-papanya. nah! disini tantangannya.. gimana bikin dia mau belajar, sementara dia pengennya main..

namanya anak kecil.. dunia mereka dunia bermain, kan?

terkadang chan juga prihatin. anak seumuran dia materinya udah berat2 aja, macam ms excel gituh. bok! orang seumuran chan aja lom tentu hafal dan mengerti cara menggunakan formula excel. kalau semisal ntar di buku pelajaran TIKnya ada fungsi IF keluar.. matilah saya! harus ekstra kerja keras me-recall penggunaan fungsi ini beserta logikanya. walaupun 10 th yang lalu, chan ngerjakan excel plus fungsi IF ini dengan lancarnya😄

semisal ini anak mau diajarin photoshop & program desain lainnya, saya mau banget ngajarin!😄 sayang, karena dia selalu dibatasi kebebasannya oleh si ortu, sepertinya dia susah mengembangkan imajinasinya *sedih*

selain komputer, chan dulu pernah ngelesi bahasa jepang buat persiapan UNAS SMA. jadi privat intensif gituh. seminggu 3 kali masing2 dua jam. awalnya chan pikir ia ingin sekedar melancarkan dan mereview kembali. ternyata tidak! pengetahuan bahasa jepangnya hanya 20%! dan kurang 45hari menuju UNAS!!

kyaaa!!
akhirnya, dengan didikan spartan, ampe dia ampun2 gituh.. ia melaksanakan UNAS.. guess what! dia bisa meraih nilai bahasa jepang 5 besar di kelasnya.. bangga banget!

sekarang, chan pengen ngajar bahsa jepang lagi siyh.. daripada pengetahuan bahasanya ngendon gak guna.. eh tetep guna ding.. xixixixi~

2 comments

  1. Vicky Laurentina · July 8, 2012

    Enak banget ya jadi guru les privat gitu. Sayang aku nggak punya kemampuan sesuatu buat dijadiin bahan ajaran les. Apa ada orang mau bayar aku buat les “review wisata kuliner”? Kayaknya nggak ada, hihihi..

    • tu2t widhi · July 8, 2012

      selalu ada plus minusnya mbak😀
      wah.. bukan review wiskul degh keknya.. tapi guide wiskul😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s