DUIT..

hanya ingin meneruskan perkataan salah satu kyai yang sempat diucapkan ke chan. beliau tidak mengucapkannya sekali atau dua kali, namun berkali-kali. jadi mau gak mau nanceplah ini petuah ke chan..

————————————-
di dalam diri manusia, di setiap keningnya, harus tertulis kata DUIT. bukan duit yang berarti uang.. namun DUIT itu memiliki makna sebagai berikut.

Do’a – Usaha – Istighfar – Tawakkal

tahap pertama, do’a.
doa merupakan salah satu bentuk permintaan kita kepada Allah SWT. apapun yang kita inginkan, hendaknya kita meminta kepada Allah dengan berdoa. tapi gak cuman doa doang. ya kalau langsung menegadahkan tangan ke atas trus “Ya Allah.. saya minta mobil BMW dong..” Allah bakalan ngeliat trus bilang “sopo koen?” wkwkwk

do’a merupakan tahap pertama yang harus kita lakukan, yaitu dengan Sholat. Dengan sholat, kita menghadapnya dengan keadaan suci. kemudian dilanjutkan dengan wiridan dan serta mengutarakan permintaan-permintaan yang ada di dalam diri kita.

kita harus meminta. kalau tidak meminta, bagaimana Allah tahu apa yang kita inginkan? memang Allah SWT tahu apa yang diinginkan tiap umatnya. namun Allah tidak akan menggubris apa yang kita inginkan sebelum kita meminta. maka sholatlah! berdo’alah.

tahap kedua, Usaha/Ikhtiar

Ikhtiar adalah usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam hidupnya, baik material, spiritual, kesehatan, dan masa depannya agar tujuan hidupnya selamat sejahtera dunia dan akhirat terpenuhi. Ikhtiar juga dilakukan dengan sungguh-sungguh, sepenuh hati, dan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan dan keterampilannya. Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/religion-studies/2051337-pengertian-ikhtiar/#ixzz22wZ0d2q2

setelah meminta kepada Allah SWT, Pencipta alam semesta, kita harus berusaha. jika kita ingin memiliki sebuah rumah, kita harus berusaha bagaimana caranya supaya dapat membeli rumah. pastinya dengan cara yang diRidhoi oleh Allah SWT. apapun yang kita minta tidak akan datang dengan sendirinya. tak mungkin datang dari langit, kan? jadi kita harus berusaha untuk menjemput rejeki kita.

untuk tahap pertama dan kedua, saya yakin semua bisa melakukannya. oleh karena itu kita masuk ke tahap berikutnya yang lebih tinggi daripada do’a dan usaha. Istighfar.

Istighfar diambil dari bahasa arab yang berarti memohon ampunan kepada Allah. Memohon ampun kepada Allah, karena kita adalah manusia yang tak pernah luput dari kesalahan dan dosa. dengan mengucapkan Istighfar ini kita juga bisa melatih diri untuk memendam amarah, sabar. Tahap ini biasanya sudah mulai sulit.

jika kita sudah bisa melewati tahap ketiga dengan baik, tahap paling susah adalah tahap keempat. Tawakkal.

Tawakkal adalah kesungguhan hati dalam bersandar kepada Allah Ta’ala untuk mendapatkan kemaslahatan serta mencegah bahaya, baik menyangkut urusan dunia maupun akhirat. Dari artikel Tawakkal — Muslim.Or.Id by null

jadi kita sudah berdo’a.. lalu berusaha dengan seluruh tenaga.. dan dilanjutkan dengan Istighfar. terus menerus kita lakukan. pagi siang sore malam tanpa henti. namun Allah SWT tidak kunjung mengabulkan apa yang kita inginkan. apa yang terjadi? kita mulai su’udzon atau berburuk sangka kepada Allah SWT.

“ini Allah ah.. kok permintaanku gak dikabul-kabulkan siyh? didenger apa nggak niyh?”

nah ini.. ini yang gawat..
kita nggak pernah tahu kapan Allah akan mengabulkan permintaan kita. kita juga tidak pernah tahu apa rencana Allah SWT kepada kita. makanya kita harus Tawakkal.. berserah diri kepada Allah.

jika kita menerapkan DUIT, Do’a-Usaha-Istighfar-Tawakkal, dalam keseharian kita.. Insya Allah hidup ini akan terasa lebih indah walaupun cobaan datang menerpa.

2 comments

  1. Ndutykehandmade Shop · August 23, 2012

    LIKE THIS YO!
    uuuu aku suka postingan ini (^______^)

    • tu2t widhi · August 24, 2012

      makasiyh memtyke ^.~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s