hanya penasaran..

kalo chan liat anak2 jaman sekarang ini yah *ceileh bahasa guweh.. berasa tua* maksudnya anak2 generasi dibawahku.. soalnya harusnya seumuran eikeh sudah punya anak, yes? 😄 *mulai ngelindur* anak2 ituh kalo chan liat kok takut melakukan sesuatu yah?

takut basah..
takut kotor..
takut gelap..
tapi yang utama, takut salah…

siapa siyh yang gak takut salah? bahkan diriku juga takut.. tapi kalo dari kecil mereka ditakut2i oleh orang tuanya untuk melakukan sesuatu, bukannya mereka jadinya pasif? ujung2nya ketergantungan ama ortunya..

doktrin orang tua dalam mendidik anaknya memang ampuh, ya? tapi kenapa chan sering lihat kalau orang tua cenderung melarang anaknya melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan orang tuanya. kalau dilakukan malah dimarahi, disetrap dll.. padahal yang namanya anak kecil, rasa ingin tahunya tinggi banget..

salah satu kasus yang chan liat ituh.. anak didikku sendiri.. dia nggak mau melakukan segala sesuatunya sendiri karena satu hal.. takut salah.. ya, chan sering bilang ke dia kalau kita harus berani bertindak, terlepas itu salah atau tidak. kalau takut bertindak, mana tahu hal itu salah atau tidak.. trus jawabannya adalah “kan ada mama.. mama biasanya kasih tau mana yang salah dan mana yang benar..”

*jegeerr!!*
*gak bisa komen*

biasanya.. anak yang kek gini niyh begitu masuk fase remaja, fase membangkangnya lebih gedhe.. karena ia lama2 ngerasa hidupnya diatur oleh mama/papanya.. kalo udah gini, gawat kan??

tapi ya.. untuk didikan seperti ini chan sering ngeliat di keluarga2 dengan tingkat ekonomi menengah keatas.. dimana seorang anak bener2 diatur sedemikian rupa sesuai dengan keinginan orang tuanya.. kalau di tingkat ekonomi menengah kebawah, kebanyakan kelihatan nggak care yah.. tapi didikan mereka tuh bikin anaknya jadi tough.. tangguh ngadepin kenyataan.. gimana nggak tangguh, coba? hidup mereka sudah keras.. mau ngerepotin ortunya dengan pertanyaan atau sikap manja juga gak mempan.. hehe..

jadi ya.. mbak2 ato mas2 yang (barusan) punya anak.. jangan takut anaknya bereksplorasi mencoba hal baru.. mungkin dari situ bisa kelihatan bakatnya darimana.. kalo si anak tidak mencoba hal baru, mana tahu kan anak ini minatnya kemana??

yaa.. segala sesuatunya memang ada plus minusnya siyh.. dan juga beda orang beda pemikiran.. juga beda didikan.. ya kalo itu anak kek chan mah, dilarangpun tetep dilanggar.. rugi amat punya unyeng2 dua tapi gak mbethik.. 😄 tapi mbethik itu tetep ada segi positifnya lhoo.. kita jadi tahu apa yang orang lain tak tahu *sedikit curcol*

HAHAHAHA! sesi meracau kembali lagi sepertinya 😛

 

 

 

Advertisements

One comment

  1. sulunglahitani · September 3, 2012

    bener banget, karena mereka cenderung takut memulai dan biasa bergantung, mereka jadi terkesan manja. beberapa anak didik saya kaya gitu 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s