Tolong hentikan istilah “kiyut” itu..

sadar gak, kalau Indonesia adalah negara yang kaya.. kita punya budaya yang selalu menggaet org luar untuk melihat. termasuk bahasa. dengan banyaknya suku di Indonesia, sudah pasti bahasanya juga beragam. oleh karenanya pemuda2 Indonesia di
tahun 1928 mencanangkan sumpah pemuda. diantaranya mereka berikrar menggunakan satu bahasa, Bahasa Indonesia.

nah.. seiring berkembangnya jaman… bahasa juga berkembang doooong…. dan chan gak ngerti sudah berapa banyak bahasa gaul yang tercipta di Indonesia (baca: istilah baru).  chan bicara konteks gaul ya, bukan di ranah resmi.. kalau istilah di ranah resmi mah, yg baru tuh macam upload-unggah, download-unduh, smartphone-acang (dari kata alat canggih, yang sukses membuat chan melongo dengan istilahnya), dan masih banyak lagi.

so, bahasa gaul. diperkenalkan oleh debby sahertian, awal tahun 2000an kalo gk salah, dimana bahasa ini sangat merebak di kalangan salon. dimana eikeh salut dengan istilah2 yang dipake. dan yang semakin WOW beberapa tahun belakangan adalah bahasa 4L4y. oh god! nulisnya aja gw ribet, wkwkwkwk. bahasa ini sangat in dikalangan adek2 kita usia SMP-SMA. saking gak gaulnya, chan sempet diprotes ama salah satu murid karena gak bales smsnya. well, sorry ya, dek. eikeh tak tau kaw ngomong apaan xD *digampar*

penyingkatan kata yg berlaku di sms, yang akhirnya berujung kebiasaan, juga mengalami peningkatan. siapa sangka kalo huruf “x” menjadi pengganti akhiran “-nya”. lha kalo bioskop XXI jadi nya-nya-i dunks?? xD kesimpulan yang pintar dari fahmi/angki, atau keduanya. nah yang lagi trend niyh, penulisan kata2 dengan kesan yang kiyut. dimana ada satu istilah yang chan rasa udah gak bisa ditolerir lagi…

“YAOWOH”..

it’s like, “what?!” hey, ini berkaitan dengan Allah SWT dimana Ia adalah tuhan kita. pencipta alam semesta dan isinya. pemilik dari jiwa dan raga kita. Allah.. Allah.. Allah.. bahkan penyebutannya tidak memper atau menyerupai kata “owoh”.. kalo dulu chan denger kata “astopilloh” atau “alkamdulillah”, chan bisa cuek yah.. walo risih juga benernya.. tapi kalo alkamdulillah tuh, emang ilat2 wong jowo jadi bisa dimaklumi. tapi owoh? c’mon, that’s not cute at all..

chan selama ini belum pernah liat temen2 dari agama lain “menyelewengkan” nama Tuhannya. they still say “oh Jesus!” or “oh my dear God!” when they surprised. bahkan ada kata “oh Lord Almighty!” juga. tapi mengapa dalam kasus ini Allah SWT, coba? sebuah nama Tuhan yang lebih tinggi kedudukannya dari Tuhan Yesus.. kan kalo di katholik/kristen Bapa Allah, Bunda Maria dan Yesus, toh? Cmiiw..

jadi kalau boleh protes niyh, tolong hentikan penulisan kata “yaowoh” yang artinya merujuk pada kata “Ya Allah”. segitu susahnyakah penulisan kata Allah sehingga diganti menjadi owoh? padahal jika kata Allah diucapkan dengan benar, itu adalah salah satu dzikir yang mujarab.

Etapi, memang sapa gue ya yang tiba2 protes ttg ini. toh itu juga hak mereka. tapi sebagai seorang muslim, chan merasa ini sudah tidak lucu ataupun kiyut sama sekali. “mempermainkan” nama Tuhan itu sama sekali tidak manis ataupun lucu. bisa jadi pelecehan, kan? Allah SWT mah gak protes ya.. gak kliatan kalo protes, maksudnya..  tapi kalo tiba2 turun azab juga gak lucu lah Σ(=ω= ;:)

Na’udzubillah! ojok sampek yoo *gedruk2 tanah 3x* chan hanya berkapasitas untuk mengingatkan, sebagai sesama muslim.. semoga berkenan, dan maaf jika menyinggung…

Wassalamuallaikum Wr Wb

ps. ini adalah postingan tertunda gr2 paketan inet abis /orz. sebuah topik brillian jam 1pagi karena terbangun kedinginan+lapar lalu sukses bersin2 *srooot*

5 comments

  1. efahmi · September 11, 2012

    sorry oot, tapi kok iso seh posting tertunda gara2 paketan internet abis? lha wong bakul pulsa kok kehabisan pulsahahahaaa =))

    • tu2t widhi · September 11, 2012

      @fahmi: dikarenakan mengutamakan pelanggan.. saya nunut wipi kantor aja degh sementara.. ini lom nagih yang lain.. menunggak banyak banget. jadi kalo yg lain dah ngumpul, baru beli lagi😄

  2. putriprameswari · September 11, 2012

    Setujuuuuuuu *\(´▽`)/* postingan ini hrs disebar luaskan >.< Sumpek ngelus dodo nek moco yaowoh/yaolo dsb..

  3. Shii · September 11, 2012

    in my case sih bukannya sok2 udah lama di luar negri, tapi paling sebel klo ada temen yang lumayan sering balik Indo terus setiap kali balik sini rasanya kaya ngomong sama alien aja… contoh istilah ‘alay’ aja baru ngerti setelah dijelasin ampir 2 jam, ‘x’ jadi ‘-nya’ malah baru denger… daripada ganti2 bahasa mending tuh adek2 belajar bahasa Indonesia yang bener deh biar UAN/UAS B.I. pada lulus semua =P

  4. niken · September 12, 2012

    Setuju banget Chan.. Sedihnya adik2 kita itu gampang banget ngikuti trend norak bahasa gaul yang beredar tanpa pikir panjang *sigh*
    Capek banget liat anak-anak yang pake bahasa 4L4Y di FB atau twitter, padahal itu sama sekali ga keren -.-”
    Penggunaan Yaowoh ak malah baru tau. Buat aku sih kurang ajar banget itu.. Nggak pantes, dan orang yang mempopulerkan harusnya malu ama dirinya sendiri -.-”
    Kok jd emosi komennya nih xD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s