karena suka

sabtu kemarin adalah hari terakhir ecchan bertemu dengan temen kerja, yang kebetulan adalah junior di kuliah. dia merelakan pekerjaan yang sudah ia jalani selama lebih dari 4 tahun agar dapat magang di sebuah stasiun TV ternama, Metro TV. walaupun hanya di biro Surabaya, yes. gini2 ecchan juga pernah magang disitu walopun akhirnya gak tuntas karena waktu itu mantan orang no 1 di Indonesia, Soeharto, meninggal dunia. kebijakan dari pusat *sigh*

kepergiannya nggak bikin diriku sedih bin mewek gitu ya.. Ecchan malah senang, karena ia memang bercita-cita menjadi seorang reporter. “aq sih sukanya yang speak-speak gitu deh mbak. nggak suka yang nulis-nulis. makanya aku pengen jadi reporter,” ujarnya.

melihat dia dengan cita-cita yang pasti, gairah yang menggebu-gebu, mau tak mau ecchan seperti melihat diriku dahulu.

“aku ingin menjadi seorang wartawan!” kata-kata yang sering ecchan gaungkan ke dalam diri. hingga akhirnya ecchan dihantam sebuah kenyataan yang membuatku mengambil pil pahit dan mengubur cita-cita ini.

tidak sedikit sih yang menawarkan untuk kembali ke dunia ini. beberapa teman dan senior juga menyayangkan keputusanku untuk mundur dari dunia media. “padahal kamu masih punya potensi. kamu bisa menulis, fotomu juga tidak jelek-jelek amat. kalau kamu mau, aku bisa kasih rekomendasi,” ujar salah satu senior yang sangat amat kuhormati.

duh! mau banget lah! apalagi dapet rekomendasi. tapi ya itu tadi. ada satu tembok besar yang tinggiiiiiii~ banget menghadang didepanku. kalau nekat, ya hancur lah. makanya ecchan mau tak mau harus realistis, harus memilih jalan lain jika ingin hidup.

pernah aku ditanya seseorang, apa keahlianku. dengan lugas dan percaya diri ecchan katakan, MENULIS. walaupun tidak pandai berkata-kata dalam sebuah puisi atau merangkai cerita dalam cerpen, tapi ecchan terlatih untuk membuat review maupun reportase. mendengar jawabanku, si penanya langsung mengernyitkan dahi.

“hanya itu? menulis? komputer? akuntansi? yang aku maksudin bukan itu. keahlian grafis kek, hitung-hitungan kek.. yang sekiranya nanti bisa diaplikasikan ke kerjaan. kalau sekedar menulis, apa bagusnya?” ujar si penanya

secepat kilat aku berfikir keahlianku yang lain. fotografi, biasa aja. desain grafis, masih ada yang jauh lebih bagus. komputer, aku bukan sarjana teknik komputer. bahasa inggris atau jepang, masih blegak bleguk walaupun ngerti yang diomongin. dan akhirnya ecchan hanya bisa terdiam dan menggelengkan kepala. karena tak ada yang bisa kubanggakan selain menulis. walau kebanyakan tulisanku juga gak guna dan gak berarti siyh hehe *garuk2 kepala*

lalu ia berkata, “kalau kamu tidak ada kemampuan yang unggul, gimana kamu mau cari kerjaan? siapa yang mau mempekerjakan kamu. menulis itu bukanlah sesuatu yang dapat dijadikan pekerjaan. itu hanyalah hobi. kalau kamu memang ahli dalam menulis, kenapa gak nerbitin novel sekalian? kalau kamu mau sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan tulis menulis, emang ada di Surabaya?”

JLEB JLEB JLEB banget degh…

memang, menulis itu menjadi gairahku sedari kecil. ecchan selalu meluangkan waktu menulis buku harian setiap malam. begitu juga fotografi. entah berapa rol yang ecchan buang dengan kamera saku ketika ecchan masih SD-SMA. berapa rol juga yang ecchan buang untuk hunting dengan kamera SLR pinjeman.

sayangnya, ecchan nggak pernah terbesit untuk ikutan lomba foto atau menulis. alesannya satu, minder ._______. *digampar yang baca postingan mengandung curcol ini*

yah, akhirnya ecchan sekarang mulai memberanikan diri sih. mencoba menulis cerpen yang, entahlah. yang pasti masih perlu banyak belajar. kalo buat reportase kejadian, review film/buku/sesuatu, rundown atau script gituh ecchan masih bisa. tapi kalau buat cerpen, my god! harus belajar dan membuka kamus besar bahasa Indonesia agar tidak menggunakan kata yang itu-itu saja. Ecchan juga mencoba mengikut sertakan tulisan dalam lomba, walaupun entah siapa yang baca tulisanku dan tidak berharap untuk menang.

selain itu ikutan Weekly Photo Challenge buat mengasah kemampuan fotografi, walaupun kebanyakan diambil dari kamera hape ^^; dan pinjem2 kameranya fahmi buat foto-foto sesuatu yang nggak penting. tapi kalo foto hasil kerajinan mah penting yaaa~ XDD

selangkah demi selangkah, walau diriku tak berada di dunia jurnalistik lagi, ecchan kembali memupuk gelora menulis dan fotografiku. mungkin saja, inilah minatku selama ini yang kucari, dari sekian banyak hal yang kusukai: memasak, desain, sosialisasi, teknologi, handicraft, dsb.

mungkin ini yang akhirnya membuatku tetap bertahan menulis dan memotret hal-hal yang tidak penting, lalu mempublikasikannya di blog. karena diriku suka menulis dan fotografi.

“aku yakin, kalau kamu mau, suatu hari kamu dapat menerbitkan sebuah novel yang berbeda dari novel yang ada saat ini. dan itu dimulai dari langkah kecil, menulis. coba kamu membaca cepen-cerpen di majalah/koran ataupun novel. belajarlah dari situ. lalu mulailah menulis,” katanya.

6 comments

  1. angki · October 22, 2012

    aaaaaaaakkkkkk, mbak Tutut hebat, ntik sore aku anter buleh yes?
    *modus*
    *padahal jalan kaki*

    • tu2t widhi · October 22, 2012

      Jadwal ngewarkopku ganti pagi.. sore langsung balik kost xD

  2. Vicky Laurentina · October 22, 2012

    Kamu pernah kerja di Metro TV? Hebat. Kenapa berhenti? Kalo nggak jadi dokter, aku mau lho kerja di situ. Nggak usah jadi reporter, jadi produser aja sekalian.

    • tu2t widhi · October 22, 2012

      Magang vic.. magang… bukan kerja.. knapa berhenti ya karena dari sononya dihentikan prog magangna.. heuheu.. hadeehh.. jd produser gk seenak yg kamyu kira lho, vic..

  3. Shii · October 23, 2012

    Life is simply mysterious. People with passion are usually not naturally gifted, yet people with natural gifts just don’t have the passion to do the job =.=;; well… that’s what I thought =P

  4. okky23 · November 6, 2012

    Waaaa kamu keren, tut.. Aku pengen kerja di pertelevisian ae malah mblusuk ke pembangunan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s