tips menabung

gara2 si oelpha posting ttg skyfall, ecchan pengen ngebahas tentang pemeran James Bond yang ecchan sukai dari awal hingga kini.. tapi pas blogwalking ke tempatnya mbak tyka, ecchan bener2 ngerasa harus membagikan tips pengelolaan uang supaya nantinya gaji kita itu tidak hanya sekedar lewat diawal bulan..

tips ini ecchan dapet dari Kang Mas.
jadi ceritanya KM ituh orangnya ya, walaupun dia seorang seniman, tapi perencanaan masa depan dan pengelolaan uangnya 10 tingkat lebih yahud ketimbang diriku. dan juga lebih strict -__-a boleh percaya boleh tidak, walaupun dia tidak bekerja, tapi uangnya tetep ada. kalo orang yang gak ngerti, pasti dikiranya ngepet XDD tau sendiri kan, yg namanya seniman itu penghasilannya tidak pasti *manggut2*.

namun berkat manajemen keuangan yang teratur dan ketat, dia bisa tenang walalupun tak bekerja kantoran seperti kita ini. rahasianya??

jadi kita semua pasti dapet gaji kan? apapun gaji itu, mau dapet bulanan atau mingguan, seberapapun itu, bagilah menjadi 3.. sesuai 3 jenis kebutuhan: pangan (primer/1), sandang (sekunder/2), papan (tersier/3). primer itu untuk sehari2. sekunder itu kalo mau beli baju, ato apalah, bisa buat sesuatu yg tak terduga juga. tersier itu tabungan yg gk boleh diutak atik..

misal gaji 100, bagi 3 dengan porsi (sesuai urutan 1,2,3): 60, 30, 10. untuk kebutuhan sebulan, pake yg 60. kalo mau beli2 baju (yg penting bukan makan), pake yg 30. yg 10, jangan diutak atik. kalo ada sisa, pada bulan berikutnya sisa no 1 masuk ke no 2, sisa no 2 masuk ke no 3. bulan berikutnya dibagi lagi seperti itu.

kalo spt ini terus2an, Insya Allah tabungannya ada, kan?

aq sendiri ada 5 tabungan (3 akun bank & 2 celengan ayam). 2 celengan ayam dan 1 akun bank berfungsi sbg no 3. dan sisa masing2 akun buat no 1 dan 2. alhamdulillah udah ada isinya. celengan ayam 1 diisi uang receh 500 dan 1000 setiap harinya. celengan ayam 2, diisi min 10rb (terserah kapan ngisinya. tapi lebih sering lebih baik). akun bank 3 buat uang pembagian dari gaji yg 100.

percaya atau tidak, ecchan sepeserpun tidak dikasih uang bulanan dari KM. jadi yang diterapkan disitu adalah 100% uang ecchan sendiri. eh? kenapa seperti itu? karena menurut KM manajemen uangku bobrok banget. KM gak mau ngasih uang kalo nantinya cuman lewat aja. jadi selama ecchan belum bisa mengatur keuangan, tidak ada asupan uang. strict kan? emang iya. tapi kalo gak seperti itu mah, gak bakalan bisa ngatur kali ya ^^;

walau gak dapet asupan uang, tapi untuk makan masih dijamin kok.. makanya dari yg no 1 bisa lari ke celengan ayam 1 & 2 XDDD~ selain itu, ecchan bukan tipe orang yang suka beli baju. so yg di no 2 bisa lari ke no 3. sayangnya yang di no 2 itu untuk bayar cicilan kartu kredit. jadinya ndak pernah lari ke no 3 -__-a

dua tips dariku pribadi. pertama, JANGAN PAKAI CC KALO BUKAN KARENA HAL KEPEPET! bunganya bikin eneg, apalagi kalo buat cicilan perbulan. budayakan memakai uang cash, karena pakai CC itu pangkal miskin.. bukan pangkal kaya. dijamin.. kalau memang kalian pengen punya suatu barang yang bukan kebutuhan primer, TAHAN dan MENABUNGLAH. uang yang di nomer 3 itu berguna untuk mewujudkan keinginanmu yg ini.

kedua, uang 100% itu jangan lupa sisihkan buat sedekah sebelum dibagi 3. sudahlah.. kalian tidak akan merugi kok dengan bersedekah. Insya Allah, Allah akan menggantinya, walaupun bukan bentuk uang juga. entah itu dalam bentuk kesehatan, kelancaran dalam bekerja, apapun. karena nikmat Allah SWT itu tidak hanya berbentuk uang ^^v

jika kalian bertanya tentang keabsahan tips ini, yang jelas sudah dilakukan, dijalankan dan dibuktikan oleh KM. ecchan? masih berusaha mengatur dan menjalankannya. jadi selamat mengatur dan menabung, kawan!

PS. kalau kalian ingin tahu buat apa siyh punya banyak tabungan, trus ampe pake celengan ayam segala?  mau tau, apa mau tau banget?? XDD~ yg jelas ecchan ingin mewujudkan mimpi jalan2 ke luar negeri (walau hanya backpacking), dan membeli kamera DSLR.. suatu saat, ecchan pasti bisa berangkat ke Jepang.. dan memenuhi panggilan Allah SWT ke Baitullah.. Amien ^^

13 comments

  1. NijiNoOu · November 20, 2012

    Menahan diri tidak menyerah pada keinginan…itu yang sulit! Sekali diturutin, akan terus. Gw sih gitu. Dulu waktu gaji masih seadanya, bisa nabung. setelah ada kenaikan, tabungan malah tergerus. Project menahan diri harus segera dilakukan! langkah pertama sepertinya cukup menjanjikan, menolak godaan DVD arafes! XDDD

    Fighting! XDD

    • tu2t widhi · November 20, 2012

      tenang.. DVDnya udah ada yang mau beli kok😄

  2. ndutyke · November 20, 2012

    Aku tetep gak ngeh krn aku agak lemot emang. Kapan2 sesi prayvet ambek aku ya tut. Jelaskan padaku sampek aku bener2 faham:mrgreen:

    • tu2t widhi · November 21, 2012

      *ngakak*
      sudah kuduga! XDDD

  3. efahmi · November 20, 2012

    nabung itu bagus tut, walopun kalo pake cara ini asetmu nilainya akan turun terus karena kemakan biaya administrasi dan inflasi. selain itu tabungan ini gampang dilikuidasi, misalnya pas kepepet butuh duit tunai untuk situasi emergency. sehingga ada potensi terjadinya kebocoran. salah satu alternatif tabungan yg lebih aman adalah dalam instrumen logam mulia (emas batangan) seperti yg angki sudah pernah lakukan.

    • tu2t widhi · November 21, 2012

      benernya kalo emas batangan itu, emang terlihat menjanjikan. tapi kalo gak pinter yaaaa.. sama aja siyh.. kalo emang beneran pengen invest ya maen saham. tapi ya itu, kalo main kecil2an gak bakalan kerasa. lebih baik langsung main gedhe. walopun resikonya juga gk main2..

      kalo untuk savings di kondisi sekarang, emang lebih baik dalam bentuk uang ketimbang diinvestasikan ke bentuk yang lain, IMHO. kondisi sekarang tak memungkinkan untuk invest. kondisi pasar lagi morat-marit. kans untuk jaya:hancur itu 50:50. faktor luck dipertaruhkan.

      kalopun perkara bea admin, itu tergantung seberapa besar tabunganmu. tabungan dibawah 1jt sudah pasti bea-nya gedhe, trus ujung2nya tergerus. antara bea ama bunga tak sebanding. tapi kalo tabunganmu min 10jt, baru tabunganmu tak tergerus. kembali lagi sih pada suku bunga dan bea admin masing2 bank.

  4. Mrs. Mushroom · November 22, 2012

    Kemarin sudah sempat bahas ini sama mushroom, kaya’nya aku bakalan membuka akun lama di salah satu bank yang nggak pernah aku sentuh (yang toh gak ada isinya, hehehe) untuk aku masukin jadi duit tabungan bersama, supaya niat ngambil ke sananya gak terlalu menggebu-gebu, hehehe, bisa nabung kalau-kalau punya anak, kalau-kalau akhirnya harus beli rumah, dan sebagainya, hehehe, semoga sih istiqomah, soalnya aku sama dia juga agak2 boros, huhuhu, aamiin …

  5. tu2t widhi · November 25, 2012

    ya kalo emang komitmen bersama, seharusnya sih bisa ya🙂 langkah paling awal adalah tak usah membeli sesuatu yang berdasarkan keinginan dan itu tidak dibutuhkan dalam rumah tangga kalian🙂

    selamat mengarungi bahtera rumah tangga, fen!

  6. danirachmat · March 2, 2013

    bermanfaat banget Ecchan. Bahkan kalau mau lebih menguntungkan tabungannya bisa menggunakan reksadana.🙂

    • tu2t widhi · March 7, 2013

      nah! reksadana.. itu..
      ilmunya lom sampe sana.. hahahaha😛

  7. Pingback: #17 – Tips Nabung ala Ecchan | Celengan Semar
  8. armanida · May 23, 2014

    Wah bagus banget cara menabungnya semoga bisa saya contoh, biar tidak kesulitan buat anak anak kuliah nanti, mudah2an bs jalan2 juga dengan kel,plus kalo bs ke Baitullah nantinya bareng suami, terima kasih

    • tu2t widhi · June 24, 2014

      Amien amien ya robbal alamien… semoga terkabul ya~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s