tentang JPC 2012

Japan Pop Culture 2012 by Universitas Surabaya Fakultas FIP Bahasa Jepang

jadi hari minggu tanggal 16 Desember 2012 kemarin, ecchan datang ke acara JPC 2012 yang diselenggarakan oleh anak2 Bahasa Jepang-nya Unesa. disitu ecchan benernya mewakili komunitas I no Arashi yang menjadi Media Partner untuk acara ini. trus dikasih stand disana, dimana ecchan bingung mo diisi apaan karena ada 2 komunitas arashi, akhirnya stand kuisi dengan jualan hasta karya crafting-kuwh!😄

jadi disana ecchan bikin gantungan kunci/hp on the spot, dimana itu SANGAT MELELAHKAN saudara-saudara! bukan melelahkan dalam arti energi terkuras dari segi fisik, tapi dari segi pikiran. why? karena dalam waktu singkat diriku harus segera mengerjakan pesenan karena ditunggu. yah, salahkan diriku mengapa menantang diri sendiri dengan suatu hal yang, tak masuk akal -___-a

lagian, waktu buka lapak waktu itu ecchan masih sendiri. jadi bisa dibayangin lagi enak2 konsen bikin strap trus tiba2 ada yang datang tanya2.. yap, merusak konsentrasi dan mood.. untungnya sejam kemudian temen chan dateng dan ia membantu untuk menerima pesenan. haha! arigatou ne, catty-san!

hasilnya.. dari buka lapak jam 11.30 s/d 13.30, ecchan berhasil menyelesaikan 4 strap! wow! yah, wow banget siyh.. tapi otakku mbeluk seketika😄 lha gimana lagi. bikin kerajinan itu kan bukan hanya tangan yang main, tapi otaknya. milih bahan A cocok ama yang mana.. trus digimanain juga.. ya gitu degh😛 untungnya ada catty-san yang menemani, jadi tangan bekerja, sambil chit-chat gituh XDDD~

berbicara tentang catty-san, ia adalah alumni Unesa Bahasa Jepang tahun 2005. jadi chit-chatnya seputar acara ini juga, tapi waktu jaman2 masih kuliah dulu. nah! ecchan ama catty-san ini bertemu berkat salah satu temen ecchan, Nazuka, yang kebetulan adalah temen satu angkatan. waktu itu ecchan masih di majalah Anima, trus datang ke Nihon Bunkasai (dulu acara jepang2annya bernama Nihon Bunkasai, bukan Japan Pop Culture) buat meliput plus jadi juri kontes menggambar manga. dan persahabatan kita dimulai dari situ ^^

ecchan sempet lost contact ama catty-san waktu ia bertugas ke Jepang selama 3 tahun, sampai akhirnya kita kembali bersua, walaupun gak sering2 juga siyh😛 maklum, dia rumahnya di bagian barat Surabaya, hampir masuk ke gresik, sedangkan ecchan di bagian selatan Surabaya.. belum lagi si Catty-san itu menjalin LDR, jadi kalo tiap minggu waktunya mereka untuk ber-skype ria. maklum ya.. hubungan Indonesia- Jepang gitu. gak mungkin juga pulang sering2😄

bahasan ecchan ama catty-san akhirnya merujuk pada 1 kesimpulan, bahwa acaranya membosankan. walaupun yang datang lumayan banyak ya, tapi dari segi acara membosankan. ecchan merasa semakin tahun acara jejepangan lebih mengusung pop culture-nya. ya jelas lah chan! namanya juga Japan Pop Culture. tapi gimana-gimana ecchan lebih terkesan dengan acara jejepangan yang mengusung tema budaya, atau yang kerap disebut dengan Nihon Bunkasai.

dulu waktu Nihon Bunkasai tuh, ada pertunjukan kendo, taiko, yosakoi. ada stand chanoyu, igo, shodo, manga club. dekorasinya selain ada pohon sakura, juga ada pohon untuk tanabata. belum lagi macam-macam alat musik jepang seperti biwa, koto, samishen, bahkan boneka-boneka Hina Matsuri-pun juga dipamerkan. intinya pagelarannya itu mengusung tentang budaya jepang, dimana itu sangat menarik bagi ecchan yang menyukai kebudayaan.

sekarang lebih ke pop culture: dance cover, parade band, dan cosplay. okelah kalau ingin menarik massa.. tapi dance cover maupun cosplay itu terlalu dangkal untuk memperkenalkan budaya jepang yang segitu luas dan beragam. apa bedanya dengan cina dan korea kalau seperti itu? paling bedanya di cosplay, dimana kata cosplay atau costume play itu memang identik dengan Jepang, karena memang diperkenalkan oleh orang-orang Jepang sendiri.

belum lagi karena adanya JKT48, maka yang dance cover kebanyakan pake lagu-nya AKB48 macam Heavy Rotation, Everyday Kachuusa, Ponytail to Shushu yang sukses dilooping dan bikin bosen. tapi ditengah-tengah itu ada yang cover dance-nya SNSD atau yang lebih gila lagi adalah, Gangnam Style-nya PSY. memang ini bikin yang nonton menggila ya. tapi percayalah, kalau ada orang jepang yang datang kesana untuk melihat-lihat, mereka pasti eneg. maklum, jepang-korea kan lagi bermasalah ^_^;; tapi ecchan juga eneg soalnya itu flash mob dan lagu “oppa gangnam style!” berkumandang dimana-mana. belum lagi seleb2 indo yang ikutan latah bergoyang kuda-kudaan itu ampe masuk tipi ato diiklanin. please degh! gak ada gerakan lain yang lebih bagus gitu, kek?

Acara jejepangan di Surabaya itu emang membosankan, secara garis besar. kenapa tidak ada dari mereka coba datang ke Gelar Jepang Universitas Indonesia. acara mereka JAUUHH 1000x lebih keren. mereka menggabungkan acara yang berbau Pop Culture dengan budaya jepang. bahkan mereka mempersilahkan orang jepang yang tinggal di area Jakarta untuk mengusung Omikoshi. itu keren banget! mereka berhasil membuat salah satu area di UI Depok menjadi festival musim panas di Jepang yang seperti kita lihat di komik-komik.

tapi, terlepas dari semua kekurangan itu, baru kali ini ecchan ngerasa kalau acara ini dari segi kepanitiaan dan koordinasi benar-benar kacau. mungkin bagi pengunjung, mereka tinggal menikmati ya. tapi dari segi pengisi acara ataupun media partner ini, asli sumpah ini merupakan kepanitiaan yang terburuk dari yang pernah ada. acara yang diselenggarakan sebelumnya tidak pernah se-semrawut ini. bagaimana tidak? mereka minta-minta untuk jadi media partner, eh kok ya materi yang dipromosikan itu tidak diberikan sama sekali ke ecchan sampai dengan hari H. mulai dari Rundown acara, apa saja lombanya, bahkan tanggal dan tempatnya dimanapun ecchan nggak tahu! that is a huge fail, guys!

terus mereka salah menulis nama ecchan di MOU untuk media partner. MoU cuman dikirim, panitia gak menemui sama sekali. mereka tanda tangan, tapi chan? males banget! orang itu bukan namanya ecchan kok. kenapa kudu tanda tangan? dan mereka sama sekali tidak sounding I no Arashi, walaupun di name tag itu ada logonya I no Arashi. okelah, anggap itu impas karena kita juga gak mempromosikan acara mereka. lalu gimana mau promosiin acara mereka kalo materi promosi-nya gak dikasih?

trus kok akhirnya bisa ngisi stand I no Arashi? lha gimana lagi? ecchan dikasih tau ndadak untuk ngisi, dimana dari awal ecchan udah bilang nggak mau isi. bukannya apa2 sih, tapi gak sempet mempersiapkan macem2nya.. so? mau apa? berhubung PJnya yang meminta dengan begitu keukeuhnya, akhirnya ecchan datang. gitu ya sampe sana pas mau masuk dipingpong. suruh kesana, trus kesini, trus kesana lagi.. maunya gimana sih -__-a untung ketemu ama ketua JPC 2011, akhirnya diarahkan ke tempat yang benar walau awalnya ecchan semprot gara2 diping-pong.

yah, semoga Japan Pop Culture 2013 tidak se-semrawut ini degh. itupun kalau nantinya ecchan gak males untuk ngisi stand disana lagi😄 *digampar* walaupun ecchan tidak menikmati acaranya, tapi ecchan gak masalah karena bisa bersua dengan catty-san. hahahahaha!

9 comments

  1. tongie~ · December 18, 2012

    wuawua~ kak chan.. perasaannya sama banget ternyata kita~ waktu pertama jali dateng ke GJ UI ngerasa ya ini bunkasai😄..

  2. Vicky Laurentina · December 18, 2012

    Ini rasanya seperti hari “pura-pura lihat artis Jepang” ya, bukan hari “belajar budaya Jepang”..
    Semacam keinginan ingin jadi pengagum orang Jepang saja, bukan ingin mengambil saripati positif dari kebudayaan Jepang..

    • tu2t widhi · December 18, 2012

      Yup! Bener banget.. padahal dengan mengetaui dan mempelajari budaya mereka, kita bisa tau mengapa mereka bisa sehebat sekarang..

      Kenapa kita tak mengambil sisi positif budaya jepang? Misal tentang betapa bangganya mereka akan produk2 bangsanya sendiri.. dan juga bangga akan budayanya mereka, hingga mereka dengan serta merta tetap mempertahankan budaya mereka..

  3. Kamui · December 18, 2012

    hmm….dari awal udah gak beres kok acara ini…sampe ada insiden panitia (ato bukan ya?ga ada konfirmasi tuh) nge skrinsyut status salah satu peserta grup dance cover trus ditaruh di FB dia dengan caption marah2 dan ngomong sesuatu yang gak pantes diucapkan pihak penyelenggara (walo misalnya dia bukan panitia) ke calon pengunjung acaranya. trus ada juga senpainya anak2 panitia yang sampe jadi semacam public enemy hanya gara2 dia ngasi saran ini-itu supaya acaranya berjalan lebih nggenah ketimbang jamannya si senpai ini…*cumabisageleng2kepala*

    yah, tapi rasanya emang jejepangan lagi masuk masa2 jenuh deh🙂 daijoubu, semoga next time kita bisa ngelihat acara jejepangan nggenah yang jepang banget dan gak terlalu nge-pop culture sampe lupa esensi semacam ini. please do forgive if somehow my comment offend you or anyone m(_ _)m

    • tu2t widhi · December 18, 2012

      Aq gk tersinggung sih.. soalnya asli banget, aq heran ama kerjanya mereka yg, entah seperti apa.. ramai emang ramai. Tapi membosankan. Belum HTMnya mahal bgt! 20rb!! 20rb untuk sebuah acara yg gak ngerti juntrungannya seperti ap. Mereka harusnya belajar dari acara ke acara. Melihat apa yang bagus dan tidak. Mungkin mereka anggap dormat acaranya dah oke. Perfect! Tapi semua kan kembali ke pengunjung..

      Adanya cover dance Korea itu udh bikin gagal acara ini. Karena judulnya aja Japan Pop Culture.. bukan Korean Pop Culture. Beda cerita kalo judulnya Asian Pop Culture.. mau cover dance bollywood juga oke.

      Yah, terserah mereka kalo gak mau nerima saran atau kritik. Yg jelas kalo ampe begitu, berarti kelihatan seberapa tingkat kecerdasan mereka dalam menanggapi suatu hal..

      Ah.. ntar aq kebanyakan omong malah diskrinsyut juga degh.. trus dimaki2 pula diriku.. wkwkwjwk

  4. Ely Meyer · December 19, 2012

    wow .. kebayang mbak, bikin pesenan dan saat itu juga langsung dibuat

    kalau materi yang dipromosikan itu tidak diberikan sama sekali ke mbak sampai hari H. nya memang kebayang ya gmn kerja panitianya, duh nggak kebayang andai jadi di posisimu saat itu mbak

    • tu2t widhi · December 19, 2012

      aku waktu itu.. udah males2 ngomel.. percuma gak didengerin… sekalian aja tulis disini. kalo mau debat, ayolah bertemu biar tak bejek2in sinih! >:)

  5. catty · December 26, 2012

    ecchannn…………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s