nggak perlu tahu deh, cyn~

bagaimana bila kamu dihadapkan pada kondisi seperti ini..

ada orang yang tiba-tiba saja ingin tahu apa yang baru saja kamu katakan kepada atasan kamu, karena ia ingin tahu.

apa reaksi kalian?
marah? cuek? atau biasa saja?

ecchan baru saja dihadapkan situasi ini. dimana salah satu anak baru di kantor itu bangga akan predikat “miss kepo”. bagi yang tidak tahu, “kepo” berasal dari bahasa cina, entah cina daratan ato hokkian, yang artinya adalah mau tahu urusan orang lain. saking keponya, ini anak selalu nimbrung omongan orang-orang. ecchan mah gak seberapa mempermasalahkan ya, walo sebel sih benernya, selama dia tidak kepo diriku.

sampai akhirnya tadi dia bertanya.. “mbak mau keluar ya? mau keluar kemana mbak?”
spontan aja ecchan mengernyitkan dahi, dan bilang “keluar? sapa yang keluar? aq dari tadi di kantor kok..”
“emang tadi mbak ngomong ke ibuknya mau keluar kan? bukan ya? tadi habis ngomong apa sih ke ibuknya?”

asli.. benernya ecchan pengen bener marah.. tapi yah, namanya juga masih dibawah umur 20th. dimarahin juga rasanya nggak bijak. akhirnya ecchan bilang ke dia…

“dek.. kenapa kamu selalu ingin tahu urusan orang lain, yang bukan urusanmu? kamu terganggu dengan urusanku? terganggu dengan apa yang kulakukan?”
“nggak sih mbak.. hanya ingin tahu aja..”
“terus… kalau kamu tahu, apa untungnya buatmu? apa kerjaanmu akan lebih baik setelah kamu tahu apa yang kukatakan kepada ibuknya? sudahlah. kalau itu bukan urusanmu, tak usah kamu tahu atau cari tahu.”

ecchan bilang bukan dengan nada sinis, tapi dengan nada yang biasa saja. eh tiba-tiba saja dia marah dan teriak “ya sudah! aku nggak akan bicara dengan mbak lagi! nggak akan tanya-tanya ke mbak lagi!”

urrmm… bentar ya…
kalau mau marah.. sebenarnya ecchan degh yang berhak marah karena dia mau ikut campur urusan ecchan. lha tiba-tiba aja ingin tahu apa yang ecchan bicarakan dengan atasan ecchan. itu kan, lancang ya? kalau boleh ngomong “lu punya hak apa tiba-tiba mau tau urusanku?”.. tapi ya namanya baru saja lulus SMA.. ya okelah kalau dia masih banyak sifat kekanak-kanakan ya, ecchan bisa ngerti. toh diriku juga udah mau kepala 3 gini juga masih kekanak-kanakan.

setelah dia ngamuk gitu, daripada ecchan bales ngedamprat, ecchan pergi dari hadapannya. ecchan sempet punya perasaan bersalah karena bilang “sudahlah. kalau itu bukan urusanmu, tak usah kamu tahu atau cari tahu.” tapi bagian diriku yang lain bersikeras untuk tidak menaruh belas kasihan kepada anak ini.

mengenai kepo ini.. jujur saja, ecchan sangat tidak suka dengan orang yang kepo, terlebih dengan hal-hal yang berbau pribadi. bukan berarti ecchan nggak suka denganmu, fen, karena dirimu kepo akan nikahnya diriku😄 *jujur* hanya saja, ecchan nggak suka dengan pertanyaan berbau pribadi, yang sudah pasti tidak akan ecchan beritahukan kepada siapapun.. jadi percuma aja tanya😛

berbicara mengenai kepo, atau mau tahu urusan orang lain, ecchan jadi inget omongan KM..

“kamu perlu tahu, tapi tak usah ingin tahu dan tak mau tahu”

itu prinsip yang dipegang KM selama ini, dan mulai ditanamkan padaku sejak kita bersama. maksudnya KM sederhana. dengan tidak ingin tahu dan tidak mau tahu, pikiran kita tak akan ketambahan dengan hal-hal yang sebenarnya tak berguna untuk hidup kita.

misalnya, buat apa sih kita tahu kehidupannya selebritis? apa gunanya buat kita? trus kalo seleb itu (misal) hamil diluar nikah, atau terkena HIV, hidup kita akan terguncang, gitu?

tapi kita semua perlu tahu. perlu tahu dalam hal ini adalah, pengalaman. kita tidak akan tahu rasanya A kalau kita belum pernah mencobanya. kita tak akan tahu rasanya dimabuk cinta jika kita belum pernah jatuh cinta. as simple as that.

tapi pada dasarnya penasaran itu adalah hal yang manusiawi, jadi ya… mau dikata apa. asal jangan keterlaluan aja sih.. jangan seperti yang dilakukan oleh anak baru itu.

terkadang.. tidak tahu sama sekali tentang sesuatu hal itu lebih baik daripada kita tahu akan segala hal..

by the way… jangan lupa ikutan Ecchan’s 1st Giveaway yaa.. yang ikut baru sedikit, bisa dihitung dengan jari (^-^;) berasa gak laku GA gw T___T GA akan ditutup tanggal 14 Februari.. itu artinya tinggal 7 hari lagi!! KYAA!!! jadi, selamat menuju weekend!!

8 comments

  1. Ely Meyer · February 7, 2013

    Salut mbak tindakanmu pada org yg kepo itu, khan nggak sedikit juga ya yg mau meladeni kl org mau tahu urusan orang lain di sana, setidaknya walau dia marah, sekali kali deh kena batunya ketemu yg tidak suka dgn kelakuannya, aneh sekali memang kl dia marah bukan sebaliknya, jadi selama ini memang mungkin belum pernah ada yg bersikap seperti kamu ya mbak, jadi dia merasa berhak utk marah😀

    • tu2t widhi · February 8, 2013

      dan sekarang dia udah lupa kalau ngambek *ngakak*
      yah.. namanya juga masih anak2.. ABG? remaja? yang jelas lom umur 20th😛

      dia juga keseringan ngintip apa yang aku kerjakan.. ngintip2 di belakang pengen liat monitorku.. tapi dari kemarin, kalau dia mau begitu, monitor langsung aku tutup.

      kalau tidak bisa diberitahu lewat omongan, lebih baik ditindak saja😛

      • Ely Meyer · February 11, 2013

        wah …. nggak kebayang kalau yang suka dintip dan ditanya tanya itu orgnya nggak enakan ya , nggak tegas spt kamu

        • tu2t widhi · February 12, 2013

          yaaa… itu urusannya dia.. kalo emang terganggu, kenapa gak diingetin sekalian😛

  2. fenty6285 · February 8, 2013

    hahahaha, ngerasa ditonjok, iye iyee, udah capek nanya koook😀

    eh tapi aku bukan tipe kaya’ mbaknya itu loh, yang keluar dari kantor bos terus tanya2 ada apa, kecuali kalo memang itu lagi gosip bersama #eh :p

    • tu2t widhi · February 8, 2013

      heuheuheu.. daripada kamu merasa aq sindir.. lebih baik langsung diomongin, toh?😄 tenang aja.. suatu saat mungkin aq bakalan cerita sendiri kok *nyengir*

      dan fen.. kalo kamu seperti tipe mbaknya, wes gak tak konco ket mbiyen -__-a

  3. ndutyke · February 10, 2013

    Aku skrg jg membiasakan diri untuk mikir 2x sblom bertanya hal2 yg skiranya pribadi. Apalagi kalo cm bertanya basa-basi alias ice-breaking sama org yg gak akrab. Ada gunanya gak sih buatku, klo dia menjawab pertanyaanku tadi? Ada manfaat atau cm kepo? Klo gak ada, mending diem aja deh. MYOB. Mind Your Own Business.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s