dapet email dari greenpeace

ya memang tiap bulan selalu dapet email dari greenpeace.. tapi yang satu ini kok rasanya membuat ecchan geli ya… ecchan langsung copy-paste ya…

Dear Tutut Widhi,
Apakah anda tergabung dalam sebuah kelompok, komunitas, Arisan, atau organisasi? Kalau ya, hati-hati dengan Rancangan Undang-Undang (RUU) ini.

Namanya RUU Ormas (Organisasi Kemasyarakatan). Sebentar lagi, 12 April, RUU ini disahkan oleh Panitia Khusus DPR. Kata pembuatnya, niat RUU baik, yaitu menjaga agar Ormas tidak bertindak kekerasan. Bagus dong? Tapi ini masalahnya.

Definisi Ormas terlalu luas: “dua orang atau lebih yang berkumpul dengan kesamaan tujuan dan minat”. Jadi karang taruna atau Komunitas pecinta sepeda atau Perkumpulan sepak bola pun bisa diatur-atur, tidak hanya organisasi yang berbadan hukum.

Jika disahkan, UU ini bukan hanya merepotkan, tapi berbahaya bagi aktivitas kita dan bagi kemerdekaaan kita berkumpul. Yuk kita kirim ribuan petisi ke email mereka. Paraf petisi tolak RUU Ormas di sini.

Kelompok yang kritis atas layanan publik pemerintah atau memprotes pembabatan hutan untuk kepentingan bisnis pengusaha hitam, bisa dibubarkan dan dikriminalisasi. Dengan alasan pasal karet seperti “menganut, mengembangkan, atau menyebarkan paham yang bertentangan dengan Pancasila.”

Sulit dipercaya kan? Seperti negara otoriter.

Lalu gimana dengan Ormas yang bertindak kekerasan? Dari dulu KUHPidana sudah mengatur. Pelaku kekerasan harus ditangkap dan diadili. Jadi masalahnya bukan kurang aturan, tapi penegakan aturan. Yuk paraf dan sebar petisi ini.

hummm…
jujur aja ketika membaca email ini, ecchan merasa seperi “APA?!?!” dan diikuti dengan “yang bener nih?”

eh.. emang DPR lagi bikin RUU beginian ya? *berasa gak apdet beginian*

2 comments

  1. duniaely · April 10, 2013

    wah .. aku malah lebih nggak ngeh lagi nih tentnag hal di atas

    Btw, nggak lupa khan jadwalnya hari ini ?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s