masakan penggugah selera

pernah nggak kalian merasa bosan dengan apa yang kalian makan selama ini? kalo ecchan sih gak cuman sekali, namun berkali-kali. habisnya, semakin tahun ada aja kreasi baru tentang makanan. entah itu menu baru ataupun modifikasi baru. yang namanya nasi campur aja macem-macem jenisnya. jangankan nasi campur. yang lagi “heboh” di surabaya itu mie dan modifikasinya. ada yang namanya mie setan lah, mie akhirat lah dan lain-lain sebagainya.. padahal kalau ditarik satu garis benang merah, kesemua mie itu menyajikan kehebohannya dalam pedas.. apapun namanya, yang penting pedas dan levelnya bisa diatur sendiri..

pada awalnya, kita mah seneng-seneng aja. tapi pasti pada suatu saat akhirnya berada di sebuah titik jenuh, dan akhirnya malas makan.. ya, itupun terjadi pada chan juga… tadi pas makan siang di warung gado-gado langgananku, karena sepi, akhirnya chan dan yang jual (dan satu orang temannya) berbicara tentang makanan penggugah selera..

A: aku kalo udah males banget makan, ya sudah.. ambil cobek, nyambel.. dan goreng ikan asin…
B: kalo aku sih, terong ditusuk sate, trus dibakar dan dicocol pake saos kacang.. huwennak!

kalo ecchan? hanya satu makanan penggugah seleraku dikala males makan.. Cacapan asam..

eh? apa itu cacapan asam??

ini lho yang namanya cacapan asam

ini lho yang namanya cacapan asam – skrinsyut gugel..

jadi.. kalo kamu “urang banjar” pasti tahu apa cacapan asam itu.. halah.. kalo orang jawa bilang sih cocolan. cacapan asam terbuat dari air panas ditambah dengan asam jawa, potongan bawang merah, timun, cabe, gula dan garam secukupnya. biasanya dimakan dengan gereh atau ikan asin. kalo di keluarganya chan, air panasnya itu diganti dengan air teh tanpa gula lho ya, dan tanpa timun..

rasanya? sueger banget! dimakan ama nasi putih yang masih hangat kebul kebul asapnya gituh degh. kalau sudah begini, bisa habis sampai dengan dua piring sekaligus.. wkwkwkwkwkwk resepnya bisa googling langsung dengan kata kunci “cacapan asam”

jadi, apa masakan penggugah seleramu?

tu2t – 01122014

14 comments

  1. dani · December 1, 2014

    Nasi putih dan tempe tahu goreng dan telor ceplok anget pake sambel kecap. :-9

  2. nyonyasepatu · December 1, 2014

    selama ada sambel dan tempe semua enakkkkk

    • tu2t widhi · December 1, 2014

      all hail tempe!
      dan karena saya tak suka sambal ya wassalam .__.

  3. Ryan · December 1, 2014

    belum penah coba tuh cacapan…
    kalau saya sih…
    Nasi hangat dikasih garam, kepel2… sama tempe goreng atau ceplok kasih kecap. cukup kok.

    • tu2t widhi · December 1, 2014

      ternyata simpel semua ya.. nasi kasih garem.. ato kecap.. cenderung sederhana semua.. hihihi… tapi dikepel2 ala onogiri itu emang sedap~ apalagi kalo hangat ^^

      • Ryan · December 1, 2014

        iya. yang simpel aja cukup.

        apalagi kalau masak nasinya dengan di-aron (gak tahu nih istilah umumnya apa), sampai ada kerak gitu. asik..😀

  4. Faris · December 2, 2014

    Kalau saya, cukup nasi putih plus sambel plus telor ceplok udah tergugah selera saya buat makan.😀

    • tu2t widhi · December 2, 2014

      Memang masakan penggugah selera itu justru yg sederhana ya😀

      • Faris · December 2, 2014

        Iya… karna sederhana itu lebih mengenyangkan.😀

  5. duniaely · December 3, 2014

    Apalagi kalau makannya muluk ya?😀

  6. Info Menarik · December 7, 2014

    wow jadi lapar nih kalau melihat banyak masakan …🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s