tinggal dimana?

HSsurabayakalau punya pilihan (dan uang) maunya tinggal dimana? maksudnya di negara apa😛

carut marutnya kondisi di Indonesia ini membuat banyak teman-temanku memiliki pandangan untuk hengkang dari negara ini. ya gimana yah…udah nilai tukar rupiah terhadap dollar mahal, semua2 semua naik.. tapi gaji gak naik-naik. belum lagi gontok2an pilpres yang tiada henti dan beberapa kalangan yang mengatas namakan agama tertentu yang merasa dirinya paling bener. padahal kebenaran absolute milik Tuhan dan kita juga nggak berhak menghakimi atas kepercayaan orang lain.

banyak teman-temanku beranggapan, “kamu pasti pengen tinggal di Jepang deh. disana serba teratur, udaranya bersih, canggih, terlebih bisa bahasa jepang, kan? enak ya..mana sudah punya banyak temen disana”.. ketahuilah, bahwa chan terlalu cinta Surabaya sehingga malas untuk pindah, walaupun tempat lain terlihat nyaman.. ingat pepatah “rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri”?

curhatan temen yang di jepang

Screenshot 2014-12-17 11.45.08

itu curhatan temenku yang kena “shock culture” dengan orang jepang. ia menikah dengan orang jepang dan tinggal disana. sama seperti chan, awalnya kita mendamba banget bisa hidup di negara matahari terbit itu. sampai akhirnya ia bisa kesana dan menikah dengan orang jepang. chan iri banget. tapi yah, rejeki orang beda-beda yah…

semakin tahun chan kenal dengan berbagai orang dari belahan dunia, beberapa dari mereka pernah ke Indonesia, dan Surabaya tentunya, hingga akhirnya mereka bilang “seandainya saya bisa tinggal selamanya di Indonesia”.. ih kaget kan? sini aja pengen hengkang.. kok situ pengen disini.. aneh..

kata mereka, walaupun kondisi politiknya gak karuan, tapi tinggal di Surabaya (ya, ini karena saya tanya ama mereka yang ke surabaya) itu enak.. antara lain:

  • makanannya. makanan apapun enak di surabaya. dan juga asli. lupakan makanan tradisional yang banyak pengawet ato borax dkk yang ditayangkan di TV.. itu kebanyakan terjadi di salah satu daerah saja. surabaya tidak begitu karena bahan pangan melimpah. ya mungkin ada sih tapi pasti keburu gak laku karena lidah orang surabaya gak bisa ditipu😛
  • murah. hidup di surabaya memang murah dibandingkan dengan jakarta. ya, walaupun masih lebih mahal daripada daerah2 lainnya tapi ya, lumayan lah😛
  • tidak (seberapa) macet. karena lalu lintasnya teratur dibandingkan kota lainnya.
  • masih bisa ketemu orang baik yang mau ngasih tahu jalan dan gak dibikin kesasar😛
  • dan lain-lainnya..

kalo dipikir-pikir, iya juga ya. ecchan lom pernah mbolang ke negara lain jadi pikirannya pengen banget tinggal diluar Indonesia. tapi kalo melihat temen2 yang mbolang ke LN, entah itu sekedar studi ataupun menetap disana, kebanyakan memang ngomongnya “enakan di Indo” gituh..

sekarang kalo chan ditanya “mau tinggal dimana?”, ecchan dengan lugas akan menjawab “selamanya di Surabaya”😀 hahaha.. ecchan masih tetap ingin tinggal di Surabaya dan selamanya di Surabaya. kalau ke kota2 lain mah hayuk aja buat jalan-jalan. tapi untuk menetap, ya Surabaya ajah. ecchan sudah kadung cinta dengan Surabaya yang selalu HOT, orangnya yang ceplas ceplos, dan makanannya yang kaya rasa.

dan kalau nantinya bakalan gak di Surabaya lagi? itu mah urusan nanti yah.. masa depan siapa yang tahu? heuehueuehuehue

~tu2t, 18122014~

10 comments

  1. dani · December 18, 2014

    Ke surabaya aku kan kembaliii..

    • tu2t widhi · December 18, 2014

      Betah di surabaya, dan?
      Knapa?

      • dani · December 18, 2014

        Kelahiran surabaya. Hahahaha.

        • tu2t widhi · December 18, 2014

          Jarene besar ndek lampung?

          • dani · December 18, 2014

            Lah? Kagak. Di Lampung cuman 2 tahun. Hahaha.

  2. peta · December 18, 2014

    gedung itu disebelah mana y, kayaknya sering lewat..

    • tu2t widhi · December 18, 2014

      Hotel santika raya gubeng😀

      • peta · December 18, 2014

        oh iy sih, dri sulawesi ke st gubeng pasti lewat hotel ini.. tapi sya biasanya lewat unair A ke st gubeng. *moga bs menetap di sby🙂

  3. Ryan · December 18, 2014

    tinggal di Indonesia memang lebih murah kok.

  4. yudha · December 19, 2014

    Kalo boleh milih si, tetep
    tinggal di Indonesia..

    Gimana-gimana lebih enak di negara sendiri kok🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s