catatan MPASI Sekar #1

sudah satu bulan berlalu sejak sekar memulai fase 6 bulan keduanya, yaitu pemberian makanan pendamping asi atau biasa disebut dengan MPASI. sesuai dengan petunjuk dari AIMI (Asosiasi ibu Menyusui Indonesia) dan WHO, dan beberapa temen-temen yang memiliki anak dengan rentang usia tidak jauh dengan Sekar, maka pada 2 minggu pertama ecchan memberikan menu makan dari satu bahan makanan saja. selanjutnya boleh modifikasi.

beberapa omongan kiri kanan mengatakan bahwa sebaiknya ikan itu di usia kedelapan, begitu pula dengan hati, daging dll. tapi kata mbak astri (dan juga WHO), apa yang dimakan oleh orang tuanya boleh diberikan ke bayi dengan syarat:

  1. tanpa penambahan gula dan garam. kenapa tidak boleh gula dan garam? silahkan googling mengenai hal ini. yang jelas penambahan garam dan gula memperberat kinerja ginjal si bayi. lagipula di makanan bayi yang terasa tawar itu sudah mengandung gula dan garam alami lho. selain itu, penambahan gula/garam bisa mempengaruhi seleranya nanti ketika balita. seperti cenderung suka masakan manis saja atau masakan asin/gurih saja.
  2. boleh menggunakan rempah-rempah seperti daun sereh, salam, bawang putih, bawang merah, seledri, kayumanis dan lain sebagainya. karena ASI rasanya gurih (seperti rasa makanan yang dimakan oleh ibunya), oleh karenanya MPASI dibuat semirip mungkin dengan masakan yang dimakan oleh si ibu.
  3. jangan dikasih masakan padang lho, ya!😄
comot dari fb grupnya AIMI

comot dari fb grupnya AIMI

dulu kita tahu tentang 4 sehat 5 sempurna kan? kalau untuk bayi ternyata berlaku PUGS alias Panduan Umum Gizi Seimbang. kalau dari flyer diatas, yang penting ada: Makanan Pokok, Lauk Pauk, Sayur dan Buah, dan Kacang-kacangan.

selama satu bulan ini sekar sudah makan apa saja?

  • Makanan Pokok: beras putih, beras merah, beras coklat, kentang, ubi jalar (putih, oranye).
  • Lauk Pauk: tempe, tahu, daging sapi cincang, hati ayam, hati sapi, telur ayam kampung (putih dan kuningnya), ikan mujair, ikan teri, ceker ayam.
  • Sayuran: bayam hijau, bayam merah, kailan, sawi daging, wortel, buncis, kacang panjang, labu kuning (waluh).
  • Buah-buahan: pisang, pir, alpukat, jeruk
  • Kacang-kacangan: kacang hijau, kacang merah

wow! *tercengang sendiri dengan variasi menunya Sekar*. ya bagaimana lagi ya.. usia 0-12 bulan itu usia sibuknya bayi untuk tumbuh. jangan sampai terkena ADB (Anemia Defisiensi Besi) alias kekurangan zat besi. karena akibatnya fatal banget ternyata. jadi patokannya nggak hanya “yang penting gemuk, ginuk-ginuk, nyempluk” lho!

sejauh ini Sekar doyan banget dan lahap makannya. alhamdulillah. kalau mulai nggak doyan makan, itu biasanya adek mulai gak enak mulutnya, bisa jadi mulai radang tenggorokan atau mau tumbuh gigi. kalau sudah begini, makanannya di blender aja jadinya halus.. karena selama ini ecchan cukup menyaring saja.

mpasi

di bulan ke-7 ini, ecchan akan memberikan variasi yang lebih ke Sekar. berhubung ecchan sedang mengadakan “gerakan menaikkan BBnya Sekar”, jadi yang perlu diperhatikan untuk MPASI di bulan ke-7nya antara lain:

  • double karbohidrat: kentang-nasi, kentang-ubi, nasi-ubi
  • double protein: teri-daging sapi, teri-hati, mujair-telur, dst
  • buah-buahan pelancar BAB < ini perlu lo! karena nasi itu bikin sembelit!
  • dan kacang-kacangan tentunya…

kalo kata banyak orang, “tambahin vitamin biar gemuk”.. ah.. ecchan gak mau bertumpu pada satu hal saja. karena sebenarnya Sekar doyan makan. jadi harusnya diatur makannya..

note to myself: harus bikin jadwal makan, seperti yang dibuat oleh Risda. haha😄

~tu2t, 15022015~

3 comments

  1. Gusti 'ajo' Ramli · February 15, 2015

    Wah bahaya juga klo dikasih makanan padang, apalagi makanan Padang yg pedas gitu… Klo dikasih makanan padang, nanti klo udah besar bisa doyan sama org padang y…. hihihi

  2. nyonyasepatu · February 16, 2015

    oh nasi itu bikin sembelit ya ternyata, aku baru tauuu

    • tu2t widhi · February 16, 2015

      iyaaaaa~…. nasi ama daging.. makanya kita butuh sayur dan buah biar gak sembelit😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s