7 tanda bahwa bayi mencintaimu <3

Tiap minggu, ecchan selalu mendapat kiriman email dari BabyCenter. Sepertinya aplikasi ini memang aplikasi “wajib” bagi mereka yang hamil ataupun yang baru saja punya bayi. Ya bagaimana lagi, informasi yang disajikan oke punya kok. Ia membahas mulai mitos sampai dengan perkembangan bayi. Jadi ecchan sebagai orang tua bisa memantau tumbuh kembangnya Sekar.

Dan minggu lalu ecchan mendapatkan email dengan judul “7 tanda bahwa anak anda mencintaimu.” Ecchan buka dong link-nya. Dan wah! Ternyata memang informasinya yahud punya lho!

Berikut adalah “7 tanda bahwa anak anda mencintaimu” yang dialih bahasakan dari BabyCenter.

  • Ia menatap mata anda. Para bayi sangat suka melihat wajah, dan wajah orangtuanya adalah yang paling ia sukai. Tatapan penuh kasih tersebut adalah naluri untuk bertahan hidup yang dirancang untuk menarik cinta dan perhatian dari yang mengasuhnya, kata neuroscientist Lise Eliot. Tatapan tersebut juga merupakan awal cintanya pada anda. Ia mulai menyadari bahwa anda begitu penting dalam hidupnya.
  • Ia mengenali bau anda. Taruhlah beberapa pilihan dari kaos anda yang wangi bunga, kaos dengan keringat anda dan kaos yang terkena tumpahan ASI/susu. Bayi anda akan lebih menyukai kaos yang terkena tumpahan ASI. “bahkan bayi berusia 1 minggu akan menoleh kepada breast pad yang terisi oleh ASI,” kata Eliot. Bagi para bayi, tak ada yang baunya wangi selain anda.
  • Ia tersenyum pada anda. Ketika bayi anda memberikan senyumnya yang polos dan menawan, itu adalah momen yang luar biasa. Itulah caranya mengatakan “aku cinta padamu.”
  • Ia berbicara dengan anda. Ocehan pertama bayi anda itu ditujukan kepada anda, atau pengasuh yang ia percaya, kata Eliot, dan ia tidak akan berbicara sendiri. Ia akan menggunakan bahasa tersebut (yang dinamakan dengan protoconversation) agar dapat terhubung dengan anda, maka jawablah! Anda berdua meletakkan dasar untuk percakapan yang nyata nantinya.
  • Ia menginginkan anda berada di sekitarnya. Selama separuh dari tahun pertamanya, anda akan melihat bahwa ia tidak senang jika anda tidak berada bersamanya. Ia mungkin melipat wajahnya atau menangis ketika anda keluar dari ruangan, dan akan tersenyum ketika anda kembali. Itu adalah tanda-tanda akan kasih sayang yang berkembang.
  • Ia berbagi minat anda: apakah itu memasang lampu ketika liburan tiba, atau menyuci pakaian kotor, jika anda melakukannya secara rutin, maka ia akan melakukannya juga. Itu dinamakan dengan “mutual attention” atau perhatian yang menguntungkan. Perilaku ini dimulai ketika bayi anda berusia beberapa bulan, namun akan mulai aktif di bulan ke 9 hingga 12. “itu adalah tanda bahwa anak anda terlibat dengan anda dan  juga pada nilai-nilai yang anda pegang,” kata dokter anak, Harvey Karp.
  • Ia menggunakan anda sebagai tameng. Jangan terkejut apabila anak anda membenamkan kepalanya pada dada anda ketika ada orang baru mendekatinya. “Stranger anxiety” atau kecemasan akan orang asing adalah hal yang wajar, dan menjadikan anda sebagai tamengnya untuk berlindung menandakan bahwa si bayi mencintai anda dan mempercayai anda untuk melindunginya agar tetap aman.

2014-10-02-02-37-48_deco

———

Ah.. isn’t it cute? :3 dari sekian banyak tanda tersebut, Sekar melakukan 6 dari 7 semua tanda tersebut. Mana yang tidak ia lakukan? Ya pada poin keenam: berbagi minat. Eh tapi Sekar mulai melakukan apa yang ecchan lakukan: malas bangun pagi! Hahahahaha! *digampar*

~tu2t, 25022015~

2 comments

  1. Gara · February 25, 2015

    Manggut-manggut terus bilang, “Iya juga ya…” :hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s