[Review] Modem WiFi Smartfren M2P

Disclaimer! Ini postingan nggak berbayar kok. Saya mereview karena saya adalah pengguna produk ini. Kalaupun ada kekurangan, silahkan tinggalkan komen dibawah ya. Trims!

Saya merupakan salah satu pengguna produk Smartfren sejak produk ini dirilis di pasaran. Saat itu saya sempat ikutan datang ke Press Releasenya beberapa tahun yang lalu dimana produk ini namanya masih Smart. Sejak awal, Smart yakin bahwa produknya unggul dalam hal internet cepat, dan mereka berharap bahwa kedepannya koneksi mereka akan menyamai koneksi internet di Jepang.

Bisa dikatakan, saya cukup puas dengan janji internet cepat mereka. Karena kebetulan, saya berada di coverage area yang tepat. Jadi saya tidak pernah merasakan lelet, hehe.

Beberapa waktu lalu, Smartfren merilis produk 4G-nya. Saya sempat tergoda untuk membelinya tapi terpaksa mengurungkannya karena satu alasan: buat apa lagi? Hingga akhirnya smartphone andromax saya entah kemana dan mau nggak mau harus membeli smartphone baru yang berkoneksikan GSM.

Setelah saya memutuskan untuk bekerja dirumah, satu hal yang saya rasa sangat membuang-buang uang: paketan internet. Karena saya harus menghidupi beberapa smartphone plus modem untuk internet via PC. Akhirnya saya membulatkan tekat untuk membeli modem WiFi dengan alasan: satu koneksi untuk semua.

image
Modem WiFi Smartfren tipe M2P

diproduksi oleh PT. Panggung Electric Citrabuana, Sidoarjo – Indonesia dibawah pengawasan Huawei
Model/tipe: E5573
Fitur: Mobile WiFi 4G LTE cat4; dapat dikoneksikan dengan Tablet, PC, Smartphone dan perangkat wiFi lainnya; mendukung WiFi 2.4 GHz; up to 32 user WiFi; baterai 1500 mAh (maximum 6jam waktu kerja LTE dan 300 jam waktu siaga); bisa menjadi WiFi extender

Saya sudah memakai modem ini selama kurang lebih 3 minggu, dan saya cukup senang dengan performanya. Modem ini bisa digunakan selama berjam-jam nonstop, asalkan kalau mendekati 5 jam harus siap2 dicolokin ke charger. Kalau tidak ada aktifitas unggah-unduh, koneksinya akan disconnect dengan sendirinya.

Yang saya suka dari modem ini antara lain adalah:
1. Ringan. Bisa dibawa kemana2 dalam kantong.
2. Koneksinya. Di tempat saya rata2 koneksinya antara 10-17mbps. Sedaaap.
image
3. Bisa terkoneksi dengan berbagai alat canggih. Misalnya sewaktu kerja, saya colokin ke pc dan ia juga masih memancarkan sinyal WiFi. Sehingga saya masih bisa internetan via smartphone.

Beberapa kekurangan modem ini, menurut saya adalah:
1. Kalau digunakan terlalu lama tanpa restart, atau dimatikan sejenak, koneksinya hilang. Jadi kalau indikator 4Gnya ada, tapi tidak mau konek, alamat ini modem kecapekan haha :p
2. Hanya bisa menerima sinyal 4G. Jadi kalau di area yang tidak ada sinyal 4Gnya, jangan harap bisa internetan. Jadi dia tidak menerima 3G maupun HSDPA. Hanya 4G.
3. Aku nggak suka dengan sistem isi pulsa lalu otomatis jadi paket internetnya. Misalnya ya, aq mau paketin yang 60rb, otomatis isi pulsanya 50+10 kan? Nah, begitu diisi 50rb, ia otomatis terpaketkan dengan paketan yang 50ribu. Saya merasa rugi gituh.. masa kudu paketan 100rb/bln.. walopun.. paketan 100rb itu total kuotanya19GB sih. Eikeh bingung ngabisin kuota segambreng gitu hahahaha..

Overall, saya suka dan puas dengan produk ini. Lebih puas lagi dengan koneksinya yang wuzz wuzz wuzz! Hehe…

~tu2t, 03102015~

Advertisements

25 thoughts on “[Review] Modem WiFi Smartfren M2P

      1. Hahaha iya klo aku & suami yo sebulan 19gb juga kurang kayaknya. Akhirnya langganan internet yg pake kabel tp trs ada wifi nya. Halaaaah aku ra iso njelasno. Yo koyok First Media gt lo

  1. Berarti hanya mau nerima sinyal 4G aja ya? Jadi harus tau dulu ya tempat kita sudah ada sinyal 4G atau belum ya..
    Patut dipertimbangkan, hehehe. Makasih reviewnya mba πŸ™‚

  2. Itu paket 100rb 19GB? Hmmm sepertinya beda banget dengan paket saya hiksss.
    saya pakai yg M2Y. dan udah review juga hehehe. terakhir karena cepat habis isi 100rb-an jadi isi 300rb langsung. hahha

    1. Ndak kok.. bisa dipake sambil dicas ato biasa aja juga bisa.. namanya juga modem wifi, chom.. hehe.. kalo mau dipake ke pc ya dicolokin. Soalnya pc kan gak punya wifi reciever.. modemnya ini mancarin sinyal wifi soalnya..

  3. kami juga pelanggan smart dari awal keluar sampe sekarang, cuma belakangan smart agak membuat kami untuk pindah ke lain hati πŸ˜€ modem2 colok yang lama, mereka matikan, modem2 terbaru yang bisa di gunakan… sejak pakai modem yang wifi di jamin kita akan bangkrut…

    Alasannya karena itu bukan paket, tapi harian… kalau dulu yang modem colok kita paketin sedangkan yang wifi kalau mereka bilang kita beli pulsa 150rebay langsung di paketin otomatis itu BOHONG BESAR.

    ngerasa gak kalau sekarang pakai modem wifi mereka inet akan cepat habis?????
    dulu pakai modem colok 150rebay bisa tahan sampai 3 minggu
    sekarang pakai modem wifi smart cuma 1 minggu lebih 1 hari.

    itulah kecurangan smartfren

    1. Selama ini saya pakai 100rb dengan total kuota 19gb, bisa sampe sebulan, kok. Tergantung pemakaian juga.. sering dibuat streaming atau nggak. Kalau sering dibuat streaming ya cepet ludes. Saya kalo streaming ya tunggu kuota terbesar, yaitu tengah malam..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s