[How To] Alpukat mentah menjadi matang tanpa busuk

Sebagai pecinta buah alpukat, saya itu paling sebel kalo sudah waktunya untuk beli buah ini. Bagaimana tidak? Untuk mendapatkan sebuah alpukat matang tanpa rasa pahit itu susah banget. Begitu beli dengan memilih dan memilah yang cukup lama, lha kok dapetnya mentah, atau sudah empuk tapi rasanya masih pahit, trus kalau didiamkan malah busuk. Itulah kekesalan saya terhadap buah yang satu ini.

Padahal, alpukat memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik buat tubuh. Sebut saja vitamin A, B, C, E, K &, tembaga, besi, fosfor, magnesium, dan potasium. Alpukat juga mengandung serat, protein, dan beberapa phytochemical bermanfaat seperti beta-sitosterol, glutathione dan lutein, yang dapat melindungi terhadap berbagai penyakit.

Dan alpukat merupakan buah wajib konsumsi ketika saya hamil, karena mengandung asam folat serta beberapa kandungan lemak baik. Bagus buat saya yang tidak bisa makan ikan, ayam dan telur, dan ogah minum susu hamil yang terlalu banyak tambahan abcde dsb dsb.

Beberapa hari yang lalu, di wall FB saya ada sebuah postingan yang dibagikan oleh salah satu dosen saya tentang cara membuat alpukat menjadi matang, tanpa repot. Kalo orang Jawa (ato surabaya) itu bilangnya “imbu”. Misal: “buahe imbuen sek ben mateng” baca: buahnya diamkan dulu biar matang. Caranya cukup mudah hingga saya ingin membuktikannya sendiri. Mau tahu? ini dia caranya.

  1. Potong pangkal buah alpukat. Nggak usah banyak2. potong sekitar 1-2cm dari pangkal.
  2. Tutupi pangkal buah tersebut dengan sebuah tissue. Saya menggunakan facial tissue yang kemudian saya lipat 2 kali (menjadi 1/4 bagian)
  3. Lakban alpukat yang ditutupi tissue tersebut. Tapi jangan semuanya. Lakban hingga semua bagian tissue tersegel supaya tidak gerak2. Kalau tips aslinya sih menggunakan plastik cling wrap. Itu lho, plastik yang buat nutupin makanan trus dimasukin ke kulkas/buat hantaran ke tetangga biar tetap segar.
  4. Taruh di tempat yang gelap sekitar 3-4 hari (tergantung seberapa mentah itu alpukat). Kalau saya sih biasa meng-imbu buah mentah di tempat menyimpan beras.
  5. Jika sekiranya telah matang, buka lakban dan tissue, lalu potong.

Dan setelah 3 hari mendiamkan alpukat dalam gentong beras, Voilla! Ternyata berhasil sodara-sodara! Alpukat mentahpun menjadi matang, tanpa drama kecewa karena rasa pahit-getir maupun busuk! *joget2* Mulai hari ini tidak perlu khawatir beli alpukat mentah😀

Terima kasih kepada seorang ibu yang membagikan tips ini dan juga ibu dosen kesayanganku, Bu Sirikit Syah, yang sudah membagikan tips ini di wall facebook-nya. Because sharing is caring❤

Last words, selamat mencoba!

~tu2twidhi, 11122015~

13 comments

  1. adelinatampubolon · December 11

    Terima kasih mbak untuk infonya. Sesama pecinta alpukat, khususnya alpukat mentega yumm yumm. kadang kalau di kebun lagi panen aku perhatiin banyak bangat nemu totol-totol hitam gitu. suka kesal ngakalin nya.

    • tu2t widhi · December 11

      Alpukat mentega itu enak bangeeettt! Ternyata pangkalnya itu yang emang bikin cepet busuk. Kata bojoku sih karena disanalah pusat getahnya.

      Jadi sekarang, boleh dong ya panen alpukat tidak terlalu matang, trus didiamkan dengan cara ini. Ih senangnya punya pohon alpukat sendiri ^O^

      • adelinatampubolon · December 11

        Benar mbak alpukat mentega paling enak dech. Yg lain rasanya jadi biasa. Hehehe.. kl panen lagi aku kasih mbak dech. Kalau tau caranya segampang ini kan alpukatnya bebas totol2 dan busuk yach hehehe..

        • tu2t widhi · December 11

          Wiii.. dikirim ke surabaya nih? Jangan deh takut busuk di jalan hehehe

          • adelinatampubolon · December 11

            Niat hati mau ngasih beneran loh mbak. Apa daya jauh hiksss..

          • tu2t widhi · December 11

            Gpp.. kasih ke temen deket/tetangga aja mendingan haha..

          • adelinatampubolon · December 11

            Siapp mbak🙂

  2. dani · December 11

    Wah makasih Chan. Bermanfaat buanget ini tipsnya. Gw juga sering males beli alpukat karena masalah ini. Makasih yaaaa.

    • tu2t widhi · December 11

      Sama2 dan. Mungkin itu kebanyakan masalah yang dihadapi para pecinta alpukat ya. Sekarang sudah gak usah khawatir lagi.. it works! Tried and tested haha

  3. Gara · December 11

    Oh, mungkin ini maksudnya buahnya diperam ya Mbak? Dipotong pangkalnya sedikit biar zat etilennya keluar terus diletakkan dalam beras supaya suhunya hangat. Terima kasih buat tipsnya ya Mbak :hihi, kalau beli alpukat tak perlu khawatir lagi deh. Saya sukanya jus alpukat, dingin segar mengenyangkan :hoho.

    • tu2t widhi · December 11

      Bahasa indonesianya peram yah? Hehe.. thx gar! Aq bingung apa bahasa indonesianya hahahaha.. aq suka alpukat diapain aja pokoknya sukak!

  4. ndu.t.yke · December 17

    Wah banyak yg sudah mencoba cara ini & sukses yo! Aku blm sih. Masih blm nemu alpukat yg murah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s