Mandeg Pait#1 – Camilan sehat ala Kriukriuk

Siapa yang disini suka makan krupuk, ayo ngacung! *diri sendiripun ikut ngacung😄 Tak bisa dipungkiri lagi bahwa orang Jawa suka banget dengan krupuk. Ya setidaknya itulah yang saya lihat selama tinggal di Surabaya. Dimanapun saya pergi ke rumah makan/warteg, selalu ada berbagai macam jenis krupuk. Mulai dari krupuk udang, krupuk bawang, krupuk ikan, krupuk kedelai, dan krupuk-krupuk lainnya. Bahkan di daerah Genteng ada pusat penjualan krupuk! Nah loh kurang cinta apa coba masyarakat Surabaya dengan krupuk. Mau dimakan sebagai camilan ataupun pendamping nasi, krupuk memang menambah citarasa makanan.

Salah satu yang mewarnai kancah perkrupukan Surabaya saat ini adalah Kriukriuk. Kriukriuk adalah krupuk sayur asli, tanpa pewarna, zat pengawet maupun MSG, dan digoreng bukan dengan minyak goreng curah. Jadi tidak perlu khawatir tentang kebersihan dan kandungan yang ada didalamnya. Alami kok. Lho, tau darimana kalo krupuk ini alami? Tahu sendiri dari yang membuat krupuk ini, karena juragannya adalah mantan murid SMA ku dulu.

“eh, iddo sekarang jadi juragan krupuk ya? Di timeline kok sering promosi tentang krupuk?”
“iya lăoshí. Sekarang saya jadi juragan krupuk. Ini krupuk sayur lho, lăoshí. Asli, alami, tanpa MSG dan pengawet. Saya bikin sendiri.”
“serius lu bikin sendiri?”
“iya. Mulai dari pemilihan sayurnya, proses membuat krupuknya, hingga kemasannya itu semuanya sendiri, lăoshí.”

Jadi kebayang ini anak pergi ke pasar keputran* tengah malam untuk kulakan bahan krupuk😄

*Pasar Keputran merupakan sebuah pasar di tengah kota Surabaya, dimana ia menjadi sangat hidup ketika tengah malam tiba. Karena ketika tengah malam itulah produsen-produsen sayur datang dari luar kota menjajakan sayur segarnya disana. Biasanya pembeli di pasar keputran ini adalah tukang sayur keliling, pemilik warung dan juga orang-orang yang membutuhkan sayur dalam jumlah yang besar. Bisa dikatakan ini adalah pasar induk.

Sesuai dengan namanya: Kriukriuk, krupuk ini beneran renyah. Saya iseng menaruhnya di piring dan tempat terbuka, tanpa ditutup selama semalam. Biasanya yang namanya krupuk kalo dibiarin diluar, jangankan semalam, beberapa jam aja sudah hilang kerenyahannya. Tapi Kriukriuk tidak lho! Krupuknya masih renyah dan berbunyi “kriuk kriuk” haha! ya bagian luar yang terpapar angin memang berkurang kerenyahannya, namun yang bagian dalam masih tetep renyah kok.

Ada 3 rasa dari Kriukriuk: Brokoli, Jagung Manis dan Wortel. Buat saya, yang paling juara adalah Jagung Manis dan Brokoli. ENAK BANGET! Kerasa banget sayurnya sejak gigitan pertama. Kalau kamu pecinta sayur dan krupuk, pasti akan terbuai dengan rasa dan kerenyahannya.

Yang pasti, saya akan berkata “krupuk ini kalau berhenti dimakan rasanya nanggung”. Atau dalam Suroboyoan saya akan bilang “krupuk iki mandeg pait**, koen!”😄

** Mandeg pait, adalah sebuah istilah untuk mengatakan bahwa apa yang sedang dimakan saat itu jika dihentikan rasanya nanggung dan nggak enak. Bawaannya ingin terus makan sampai habis😀

Kriukriuk dipasarkan secara online. Jika kamu ingin mencobanya, bisa kok pesan via SMS/WA/Line: 0815.5533.0506. Follow instagram @kriukrupuk atau page Facebooknya untuk mendapatkan informasi mengenai promo krupuk sayur ini.

Ngemil sayur dalam bentuk krupuk, ya Kriukriuk dong!

~tu2twidhi, 12122015~

—–

Kriukriuk

-Original-
Brokoli Rp 11.000
Wortel Rp 11.000
Jagung Rp 11.000

-Pedas-
Brokoli Rp 13.000
Wortel Rp 13.000
Jagung Rp 13.000

Instagram: @kriukrupuk
Facebook: Kriukrupuk
SMS/WA/Line: 0815.5533.0506

4 comments

  1. ndu.t.yke · December 12

    Wow mantap tanpa MSG. Ibu hamil boleh dooong🙂

  2. fenty6285 · December 13

    aw aw mau cobaaaa ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s