[Mandeg Pait] Beef bowl ala ala

image

Gara-gara posting foto tersebut di Path, beberapa teman bertanya tentang resepnya. Sebenarnya apa sih itu? Hmm.. ini adalah beef bowl ala ala. Maksud hati sih biar nggak keseringan jajan di Yos*****a, karena sekali mampir, 60rb keluar dari dompet😄

Anakku itu suka banget ama beef bowlnya si Y. Kalau males makan, berangkat ke Y, dan hap hap hap! Walopun gigi sakit ato gtm sekalipun, lupa dia 😂😂 tapi kalau terus-terusan berangkat ke Y, sekaratlah dompet bunda T.T

Selain Y, ada juga gerai makanan cepat saji yang menyajikan beef bowl. Tapi dagingnya agak tebel dan agak eneg. Harganya separuhnya Y. Tapi kembali lagi, kalau keseringan jajan dompet bunda tidak hanya sekarat kali ya >_> Jadi, mau tidak mau saya harus menyiasatinya.

Akhirnya saya buka apps bernama Cookpad, dimana banyak sekali ibu-ibu dan bapak-bapak yang hobi masak, membagikan resep-resep makanan yang endeus disana. Dan yang share tentang beef bowl ini hanya sebiji seorang doang! Patut dicoba karena resep ini tanpa mirin yang beralkohol. 100% halal. dan berikut adalah resep beef bowl dengan variasiku ya ^_^

gyudon

resep aslinya di cookpad

Resep Beef Bowl ala ala

Bahan:

  • 50 gr jamur tiram (boleh di skip)
  • 250 gr daging sapi. mau bagian apa aja terserah. kalo mau yang empuk, bisa ambil yang has dalam. Iris setipis mungkin
  • 200 ml cola
  • 4 sdm kecap asin
  • 3 siung bawang merah, cincang
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 buah bawang bombay, iris memanjang
  • 1 sdm minyak sayur << mau diganti minyak wijen atau minyak biasa juga boleh
  • daun bawang secukupnya (sebagai penghias)

Cara membuatnya:

  1. Di atas api kecil, rebus cola dan kecap asin lalu masukkan minyak sayur.
  2. Masukkan bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah, masak sampai bawang layu.
  3. Masukkan daging dan jamur, aduk rata, lalu masak sampai daging matang.

    Karena saya menggunakan daging jenis apapun, saya memasak dengan panci presto (pressure cooker) selama kurang lebih 30 menit.

  4. Di atas mangkuk yang sudah diisi nasi panas, tuangkan gyudon yang sudah dimasak.
  5. Sajikan dengan taburan daun bawang.

There you go! Beef Bowl ala-ala yang bisa bikin anak ketagihan makan. Temenku juga. hahahaha😛 sampai-sampai ia rela ke rumah buat makan ini beef bowl. hiks, saya terharuh T__T dan ia juga berkata “kenapa nggak buka katering aja?”

Well, ibuku juga buka katering dan diriku tahu betapa rempongnya bisnis katering dan makanan. Saya masih belum sanggup. Saya masih labil emosinya. Jadi rasa makanan jarang stabil. Jangankan makanan, lha wong masak nasi aja kadang kelembutan gara2 kebanyakan air😄

Jadi, ini adalah kategori makanan yang Mandeg Pait karena kalau belum habis, tidak mau berhenti makan. haha! Selamat mencoba!

~tu2twidhi, 27042016~

8 comments

  1. nyonyasepatu · April 27

    Jadi 2017 menuju bisnis katering yaaa hehe 😄

    • tu2t widhi · April 28

      Aduh jangan deh.. rem to the pong gitu lhoh, non hehehe. Hobi aja gpp, bisnis? Gk deh

  2. dani · April 28

    Mupeng berats deh Ecchan bacanya… Huks…

    • dani · April 28

      Semoga segera terwujud bisnis kateringnya ya Chaaan😀

      • tu2t widhi · April 28

        Ini lagi dah.. aq gak ad niatan bisnis kuliner bin katering.. hobi ajaa.. hobiiii

    • tu2t widhi · April 28

      Minya bubu bikiiin!

  3. soegianto · May 19

    wah menarik banget, jangan lupa dishare juga di Cookpad mbak🙂 bisa jadi resep baru beef bowl halal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s