Serba Serbi Virgin Coconut Oil

Ada yang tahu apa itu VCO?

Perkenalanku dengan VCO itu kira-kira bertahun-tahun yang lalu, sekitar usia 15-16 tahun deh. Saat itu booming banget yang namanya VCO, untuk menjaga kesehatan tubuh. Berhubung diriku memiliki alergi dengan segudang diet, dan alm. Papa juga ada masalah dengan darah tinggi, maka kita mencobanya.

Ngomong-ngomong, apa sih VCO itu? VCO adalah Virgin Coconut Oil, atau minyak kelapa murni, yang diproses secara alamiah sehingga tidak merusak komponen alami dari lemak-lemak yang baik. VCO ini punya segudang manfaat lho, karena ia memiliki berbagai macam jenis asam lemak rantai menengah (Medium Chain Fat Acid – MCFA) yang tinggi.

VCO berbeda dengan minyak kelapa biasa, bukan minyak kelapa sawit lho ya. Itu buat menggoreng, tidak untuk diminum😛 minyak kelapa biasa (yang digunakan untuk menggoreng) mengandung jenis asam lemak rantai panjang. Sedangkan VCO jenis asam lemaknya rantai sedang/menengah. Hal ini membuat manfaatnya lebih-lebih ketimbang minyak kelapa biasa.

Jenis asam lemak rantai menengah yang dimiliki VCO ini berkhasiat bagi tubuh. Salah satu asam lemaknya adalah asam laurat. Fungsinya adalah sebagai zat anti bakteri dan anti oksidan. Dengan fungsi tersebut, maka asam lemak ini efektif digunakan sebagai obat penyembuhan berbagai penyakit, yang disebabkan oleh bakteri dan kuman.

Kira-kira apa sih manfaat si VCO ini?

Mengkonsumsi VCO itu ibaratnya memasok tubuh dengan pejuang kuman alami yang dapat memperkuat system kekebalan tubuh. Ia dapat mengobati wasir, asam urat, rematik, maag, diare, sembelit, sakit gigi, infeksi pencernaan, infeksi saluran kencing dan lain-lain.

VCO juga dapat digunakan sebagi terapi untuk penderita diabetes tipe 2, hingga HIV/AIDS dan kanker. Selain itu VCO juga bermanfaat bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Pernah dengar orang lama bilang ke ibu hamil “biar lancar persalinannya, minum minyak mulai dari bulan ke-8”? nah, itu minum VCO lho, bukan sembarang minyak yang diminum. Walaupun nantinya bakalan normal atau sesar ya, Wallahuallam ya. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa. Selebihnya itu atas ijin Allah SWT.

Ecchan sih mengkonsumsi VCO dengan dua cara: meminumnya tiap pagi/sebelum tidur dan mengoleskan pada kulit.

Meminum 1sdm VCO tiap pagi/sebelum tidur itu berguna untuk menjaga stamina. Kadang juga chan pakai kumur untuk menjaga kesehatan gigi. Kumur 1sdm vco selama 15 detik dan telan. Setelah itu sih biasanya nggak sikat gigi😄 tapi kalo merasa giginya kotor sih, tunggu sekitar 15 menit setelah kumur, lalu gosok gigi. Enaknya kumur pakai VCO itu tidak takut kalau terminum. Karena selesai kumur, VCOnya ditelan aja😀 Fungsi kumur dengan VCO ini antara lain dapat menghilangkan plak/karang gigi.

Kalau mengoleskan VCO biasanya rutin buat wajah dan tangan. Jadi setelah cuci muka, oles-oles VCO sekitar 4tetes ke area wajah dan leher. Sisanya yang ditangan bisa berfungsi sebagai krim tangan. Terkadang chan juga mengoleskannya ke daerah tubuh yang kering seperti kaki dan bibir. Lumayan lho, tumit pecah-pecah itu bisa kembali halus.

Yang rutin mengkonsumsi VCO itu anakku. Begitu dia lihat botolnya, langsung diambil trus ambil sendok dan minta tuangin ke sendok untuk diminum😄 Bagusnya VCO buat balita adalah sebagai immune booster. Salah satu teman saya yang memiliki anak dengan penanganan khusus, seperti alergi, memberikan VCO 1sdt tiap hari.

Jadi manfaat VCO itu baaaannnnyyyaaaak banget. Yang paling penting adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, dan kulit.

Beberapa dari kalian yang membaca pasti memiliki pertanyaan dan mulai skeptis:

  • Ah masa sih bisa nyembuhin penyakit-penyakit tersebut?
  • Itu hanya minyak. Apalagi aku sudah gemuk gini, kelebihan minyak. Masa harus ditambahin minyak lagi? bikin kolesterol aja.

Well, untuk jawaban pertanyaan yang pertama, VCO adalah suplemen, bukan obat. Kalau kamu berfikiran bahwa mengkonsumsi VCO adalah solusi untuk menyembuhkan penyakit A, B atau C, ya salah total. Jika ingin menyembuhkan penyakit, segeralah ke dokter dan mintalah obat ke beliau. Setelah sembuh, silahkan menjaga kesehatan tubuh dengan pola makan yang baik, olah raga teratur dan minum suplemen yang berguna bagi tubuh seperti VCO.

Dan untuk pertanyaan yang kedua, VCO ini tidak menambah beban lemak dalam tubuhmu. Hanya 1-2sdm per hari kok. Dan lemak yang terkandung dalam VCO itu lemak baik, bukan lemak jenuh. Bahkan lemak dalam VCO dapat membantu mengatur kadar kolesterol. Asyik bukan?

Jadi, buatku memiliki VCO adalah wajib. Terlebih diriku membatasi konsumsi daging. Lalu, dimana bisa mendapatkan VCO? Dimana-mana ada. Di apotik, ada. Di toko online juga bannnyaaaak! Diriku sih belinya di Instagram, usernya @batrisyiaku.

Yuk jaga kesehatanmu sebelum terlambat. Karena sakit itu MAHAL!

~tu2twidhi, 16082016~

2 comments

  1. cumilebay.com · September 21

    Eh bisa buat kanker sama aids juga ???

    • tu2t widhi · September 21

      Insya Allah bisa, jika Allah menghendaki. Yang penting sih usaha ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s