Tidak ada alasan: No Excuse.

“Tuhan menciptakan makhluk bernama manusia dengan kelebihan yaitu akal. Dimana akal digunakan untuk mengatasi sebuah masalah. Jadi ketika dirimu mendapatkan hambatan, ingatlah Tuhan. Karena dimana ada Tuhan, disitu ada akal” 

Pak bojo selalu berkata seperti itu. Setiap kali ia terhalang oleh sesuatu, ia berhenti sejenak, melihat sekitar dan berkata “dimana ada Tuhan, disitu ada akal” ketika ia menemukan solusinya. Disitu saya menjadi berfikir bahwa apapun masalah yang kita hadapi, selalu ada solusi.

Atau bisa jadi memiliki arti: jika kamu ingin sukses, jangan jadikan alasan sebagai penghalang. No excuse, itu mungkin kata sederhananya.

Contoh sederhana adalah aktifitas masak ketika anak tidur. Biasanya untuk menghaluskan bumbu, saya menggunakan blender. Berhubung anak sedang tidur, kalau ada suara bising bisa batal tidurnya, saya harus menghaluskannya dengan cara lain.

“Sayangnya, saya tidak punya uleg-uleg atau cobek. Kalau punya, saya bisa menghaluskan bumbu-bumbu ini dengan ulegan…

Tunggu! Saya punya palu!”

Akhirnya para bumbu yang siap dihaluskan saya masukkan ke plastik dan dikepruk pakai palu. Salah satu teman saya malah “mengepruk” bumbu dalam plastik pakai hak sepatunya xD 

Cara ini cukup asyik lho. Terlebih jika sedang sebal. Dijamin bumbunya bisa lebih haluuuuuuus jadinya xD *malah nyelimur* 

This is what i called with "no excuses".. I don't have food processor or grinder. But i have hammer. Then i smashed shallots, garlic, candlenut, and ginger, stir-fried less than a minute and then i put about 750ml of water. Give some seasonings: salt, sugar, pepper and coriander. Put it on pressure cooker for about 30-45 minutes. Well, though i'm vegan, my daughter is not. She's still need proteins from meat and fish. If she wants to be a vegan, then let she decide it by herself. I'm still teaching her to eat veggies. She's still 2yo anyway haha.. My ginger chicken is still on the pressure cooker right now. I hope it will be delicious, fingers crossed. Too much watching #masterchefau gave me lot of inspiration to cook for my family 😁😁 #homemade #cooking #story #storyofamother #indonesia #impromptu #recipe #chicken #ginger #motherhood #motherlife #stayathomemom

A photo posted by Tutut Widhi (@tu2twidhi) on

Setelah itu saya tertegun sendiri. “Ya Allah, ada aja ya akal manusia itu. Gak bisa pakai blender, tidak ada ulegan, palupun jadi. Memang ada benarnya apa kata pak bojo: dimana ada Tuhan, disitu ada akal”.
Oleh karenanya ketika kita menghadapi sesuatu dan tidak ada jalan keluar, berhentilah, ambil nafas panjang dan keluarkan dengan perlahan. Ingatlah Tuhan sambil melihat di sekitarmu. Dengan caraNya, ia akan memberikan solusi.

Semoga harimu indah, kawan.

~tu2twidhi, 21 September 2016~

8 comments

  1. shiq4 · September 21

    Saya jarang ingat Tuhan. Biasanya sih cuma pas punya masalah doang. Pas bahagia lupa deh klo pernah memelas kepada Tuhan agar dikasihani ketika punya masalah wkwkwk…..

  2. mysukmana · September 21

    suka dengan akal pikiran panjenengan, kratif, tutuk sama palu🙂

    • tu2t widhi · September 22

      Trims.. saya skg malah ketagihan tutuk2 palu haha

  3. Aiko · September 22

    wih kreatif banget :0

    • tu2t widhi · September 22

      Lebih tepatnya kepepet kali ya, mbak hehe

      • Aiko · September 22

        tp memang orang jd kreatif krn kepepet biasanya hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s