tas spunbond, benarkah eco-friendly?

Beberapa hari yang lalu chan dapat info dari salah satu teman crafterku, Maria Magdalena, tentang tas spunbond ini.

screenshot-from-2019-11-09-15-21-00.png

Sontak saja diriku tertegun dan berfikir, apakah benar bahan spunbond ini lebih berbahaya dari plastik??

Mengutip dari bahan kain.com,

Kain Spunbond dibuat dengan cara mekanik, termal atau proses kimia. spunbond atau istilah lainnya polypropylene merupakain kain non woven yang pada umumnya memliki terkstur sedikit kaku, halus dan berserat rapat, sehingga cukup kuat. Kain ini mempunyai ketebalan beragam dari 25 gr hingga 100 gr. Semakin besar ketebalan yang ada, maka kain ini semakin tebal dan kuat.

Karena bentuknya yang menyerupai kain itulah, banyak yang mengira jika spunbond adalah salah satu jenis kain. ternyata bukan lho, mantemans! Lho kok bisa??

Kembali mengutip informasi dari NewsMeter.in, “Experts say no. Polypropylene bag is plastic and is equally harmful to the environment as it’s difficult to degrade. Awareness should be created among the citizens to use cloth bags or jute bags instead of Polypropylene bags, say experts.”

Screenshot from 2019-11-09 15-18-15

Jadi tas spunbond ini, alias tas polypropylene, termasuk plastik dan bahayanya terhadap lingkungan tidak jauh berbeda dengan plastik karena susah diuraikan oleh lingkungan. Memang tas spunbond bisa menjadi pengganti tas plastik yang biasa kita gunakan, karena bisa digunakan berulang kali. Namun pernahkan kalian berfikir, kalau sudah rusak tasnya bakalan bagaimana?

Jawaban kita sudah pasti adalah dibuang.

Lalu bagaimana dong? Kalo dibakar juga menyumbang polusi udara. Nggak percaya kalo bahan spunbond itu plastik? Coba deh dibakar. Nanti keluar bau plastik. Cara terbaik ya, nggak usah pakai tas spunbond. Pakailah tas yang benar-benar eco-friendly, dimana tas tersebut terbuat dari bahan yang tidak membahayakan lingkungan (bio-degradable atau bisa diurai oleh lingkungan secara alami) dan tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya.

“Yaaa… susah lah chan. masa mau taruh bahan belanjaan dari pasar aja kudu ngeliatin dulu bahan tasnya terbuat dari apaan.”

Sudah ada banyak alternatif pengganti tas plastik di sekitar kita. Kalau kamu gak mau repot, bisa kok daur ulang dari T-Shirt lama kamu. Googling aja pakai keywords: how to make bag from t shirt, disana bakalan ada banyak tutorial membuat tas mulai dari video sampai dengan step by step pakai gambar.

Tetep nggak mau repot? Minta tolong temenmu yang bisa jahit atau demen crafting untuk buatin kamu tas. Jangan lupa dikasih upah yang sesuai ya, jangan minta gratisan ae. Udah gak jamannya kita minta gratisan, bruuh~

Jadi kesimpulannya, Tas Spunbond/Polypropylene Bag

Kelebihan: Bisa dipakai berulang kali
Kekurangan: Termasuk plastik yang berbahaya buat lingkungan dan tidak biodegradable.

Memang informasi tentang bahaya tas spunbond alias polypropylene bag ini masih belum banyak yang membahas. Jadi kalau ada dari kalian yang mau menambahi informasi tentang hal ini, tinggalkan komen di bawah ini yak 🙂

Source: Do You Think Polypropylene Bags Are Eco Friendly?

Hai! Ecchan deshita!
~November 9th, 2019~

2 thoughts on “tas spunbond, benarkah eco-friendly?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s