CACV, Cloth Mask and Indonesia

Benernya pengen update yang banyak.. tapi gue lagi dikejar garapan masker kain yang tiada henti. Sebagian besar adalah garapan bersama CACV, Crafters Against Corona Virus, dan sebagiannya lagi adalah garapan masker pesanan dari temen-temen.

Mungkin banyak yang bertanya, “kenapa gak jualan aja?”

Jujur… project CACV sendiri itu permintaannya mengalir deras. Gue masih belum bisa kasih update banyak tentang CACV ya. Bagi yang pengen tahu, bisa cek ke instagram gue, di @tu2twidhi.

yang jelas CACV merupakan crafters Indonesia yang tergerak untuk membuat APD berupa face shield dan masker sebagai support kepada nakes indonesia yang berjuang di garda depan demi kesehatan Indonesia. Ini adalah program charity yang bisa kita lakukan sebagai crafter.

WhatsApp Image 2020-04-03 at 7.22.37 AM

Berawal dari postingan tentang kondisi saudara-saudara kita di daerah Atambua Timor..

WhatsApp Image 2020-04-07 at 3.48.37 PM

that’s no Joke lho ya. sementara kita di kota besar berlomba-lomba nyetok masker, menjualnya kembali, kelimpungan nyari, ternyata saudara-saudara kita disana ampe bikin masker dari batok kelapa. and that’s no joke. kalau kalian sempat melihat ada meme dengan foto tersebut, please drop it off. soalnya itu kondisi beneran.

berawal dari kondisi itu akhirnya salah satu teman gue mengumpulkan crafters yang bisa jahit, salah satunya juga gue, untuk membuat masker kain. Gue sih orangnya bonek aja sih. Bisa dasarnya, ada mesin jahit, kenapa tidak digunakan?

CACV terbentuk kalau nggak salah 23 Maret 2020 kemarin. Mulai hari itu hingga sekarang, permintaan gak berhenti-berhenti. capek? Lelah? So pasti. Tapi begitu kita lihat wajah-wajah ini..

Nangis gak sih lu?
Jujur, sebelum ada instruksi pakai masker kain, banyak yang mencibir kalau makser kain itu useless. tapi kita tetap saja bikin. soalnya dari nakes sendiri bilang itu juga efektif. biar apa sih kita tetep ngotot bikin masker kain? biar masyarakat pakai masker kain aja, dan nakes pakai masker yang sesungguhnya untuk mereka: surgical mask & N95.

gara-gara covid ini, masa nakes rebutan medical supplies ama orang umum? lalu beberapa medical supplies seperti alcohol swab yang seharusnya untuk sterilisasi sebelum injeksi itu dibuat ngelapin layar hape? Gak mikir apa kalian ama mereka yang butuh suntik insulin atau apapun itu kelimpungan cari alcohol swab? sungguh, medical supplies tidak seharusnya dijual bebas.

Huft..
yang jelas perjuangan belum selesai. dan kami akan tetap berjuang.
dan kalian juga bisa kok ikut kontribusi. Yang mau donasi atau ikutan jahit bisa langsung DM gue aja di IG ya. Yang mau pesen juga boleh langsung DM untuk tahu ketersediaan stok maupun antrian jahitnya.

sementara ini dulu. nggak tahu ntar kedepan bakalan update apalagi. soalnya sibuk jahit ya gaes. bisa tinggalkan komen biar nanti kalo sempet gue cek dan gue bales.

HAI! Ecchan deshita!
April 8th, 2020.

9 thoughts on “CACV, Cloth Mask and Indonesia

    1. Banget. Jadi sesungguhnya kita yg di jawa itu harusnya bersyukur banget dengan ketersediaan segala macem. Lihatlah saudara2 kita di Indonesia timur dengan segala keterbatasan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s